Bandara Sam Ratulangi Manado Dibuka Kembali Pascaerupsi Gunung Ruang

Barometer.co.id-Manado. Setelah ditutup sejak Kamis (18/04/24), Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado secara resmi dibuka kembali pada Senin 22 April 2024.

“Bandara Sam Ratulangi Manado dibuka kembali mulai Senin 22 April 2024 jam 12 siang,” kata Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono, Senin.

Akibat erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Bandara Sam Ratulangi telah ditutup selama empat hari lebih, sejak 18 April 2024 lalu. Abu vulkanik gunung ruang yang tajam sangat membahayakan mesin pesawat. Oleh sebab itu pihak bandara bersama stakeholder terkait menutup operasional bandara demi keselamatan.

Selama ditutup sejak Kamis, total 150 penerbangan dan 19.085 penumpang terdampak baik yang untuk keberangkatan maupun kedatangan.

Pihak maskapai seperti Lion Air menyatakan mempertimbangkan menggunakan pesawat berbadan lebar seperti Airbus A330 untuk mengangkut penumpang yang telah menumpuk.

“Setelah bandara dibuka, maka selanjutnya nanti pihak maskapai yang akan menentukan kapan akan mulai melakukan penerbangan baik untuk keberangkatan maupun kedatangan,” kata GM PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Maya Damayanti.(jou)