oleh

Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Uber Setelah 14 Tahun

Barometer.co.id-Chengdu. Tim Bulutangkis Indonesia berhasil melangkah ke semifinal Pialal Uber setelah menang atas Thailand di babak perempat final dengan skor 3-0. Tim Uber Indonesia kembali lolos ke semifinal setelah terakhir kali lolos 14 tahun silam.

Manajaer tim sekaligus Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengatakan sangat bangga dengan perjuangan tim bulu tangkis putri Indonesia sehingga bisa lolos ke babak semifinal Piala Uber 2024.

Skuad putri Indonesia menang 3-0 atas Thailand pada partai perempat final ketat, yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Jumat.

Adapun kemenangan pertama diamankan oleh Gregoria Mariska Tunjung atas Ratchanok Inanton dengan skor 22-20, 21-18. Ganda putra Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menyusul dengan kemenangan 21-17, 21-14 atas Jongkolphan Kitiharakhul/Rawinda Prajongjai.

Di partai ketiga, Ester Nurumi Tri Wardoyo secara dramatis memenangkan laga rubber game sengit atas Supanida Katethong dengan skor 19-21, 21-19, 21-19.

“Luar biasa penampilan tim Uber Indonesia. Secara keseluruhan sangat membanggakan bagaimana Gregoria, Apri/Fadia dan Ester jatuh bangun berjuang di lapangan,” kata Ricky saat ditemui di arena.

“Gregoria menjadi kunci sebagai pembuka jalan. Apri/Fadia menunjukkan kesiapannya dalam bertanding. Dan Ester dengan mental yang benar-benar kuat, ketika stamina sudah terkuras, tinggal bergelut dengan dirinya sendiri dan itu bisa ia lewati,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu menilai bahwa gabungan pemain senior dan junior membuat tim menjadi solid dan terpacu untuk menunjukkan penampilan terbaik mereka di ajang beregu elite ini.

“Tim ini memang gabungan dari senior dan junior, tidak diperhitungkan tapi dari situ mereka menjadi termotivasi dan terpacu. Secara tim begitu solid dan kompak. Ini mereka buktikan semua dengan keinginan kuat dari dalam diri,” kata Ricky.

Saat ini, Ricky mengatakan para pemain tengah melakukan pemulihan agar bisa berada dalam performa terbaik mereka di babak semifinal melawan Korea Selatan, Sabtu (4/5).

“Terima kasih kepada para atlet, pelatih dan tim pendukung. Apresiasi setinggi-tingginya tapi tugas belum selesai. Masih ada babak semifinal besok melawan Korea,” kata Ricky.

“Sekarang kami fokus ke pemulihan, saya berharap yang tadi bermain bisa cepat recovery-nya. Lalu siap untuk kembali diturunkan besok,” ujarnya menambahkan.(ANTARA)