Barometer.co.id-Gorontalo. PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gorontalo menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan bisnis dan industri yang efisien dan ramah lingkungan melalui acara Customer Gathering.
Kegiatan yang mengusung tema “Terhubung Dalam Energi, Tumbuh Bersama Dalam Harmoni Menuju Industri & Bisnis Berkelanjutan” ini menjadi wadah apresiasi sekaligus sarana strategis untuk membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan daya besar, serta perwakilan instansi pemerintah di Gorontalo, Rabu (29/10).
Keandalan Sistem dan Pertumbuhan Pelanggan
Dalam sambutannya, Assistant Manager Niaga dan Pemasaran PLN UP3 Gorontalo, Roman K. Sting Ruminggo, menyampaikan kondisi kelistrikan yang sangat andal di wilayah Gorontalo.
“Sistem kelistrikan Gorontalo dalam kondisi prima, dengan daya mampu sebesar 624,46 MW dan beban puncak 486,46 MW, menghasilkan surplus daya sebesar 138 MW. Ini menjamin kebutuhan energi bagi seluruh sektor, termasuk investasi baru,” jelas Roman.
Ia menambahkan, hingga September 2025, jumlah pelanggan PLN UP3 Gorontalo telah mencapai 379.108 pelanggan, menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 4,94% dari tahun sebelumnya.
Fokus pada Sinergi dan Peningkatan Layanan
Manager PLN UP3 Gorontalo, Hardi, menekankan bahwa Customer Gathering ini adalah inti dari upaya PLN dalam menjaga kualitas layanan.
“Melalui forum ini, PLN ingin mempererat hubungan dengan para pelanggan serta memperkuat sinergi menuju industri dan bisnis yang efisien, berdaya saing, dan ramah lingkungan. Kami memastikan seluruh layanan PLN dapat menjawab kebutuhan pelanggan secara cepat, transparan, dan andal. Masukan dari pelanggan menjadi kunci bagi peningkatan kualitas layanan kami,” ujar Hardi.
Inovasi Layanan dan Dorongan Transisi Energi
Sebagai wujud komitmen layanan prima, PLN UP3 Gorontalo juga memperkenalkan berbagai inovasi unggulan:
- Layanan Prioritas Keandalan: Menjamin pasokan listrik yang stabil bagi sektor industri.
- Penyambungan Listrik One Day Service: Mempercepat proses layanan sambungan baru.
- Layanan Multiguna: Memudahkan pelanggan dalam berbagai kebutuhan kelistrikan.
- Energi Hijau: Memperkenalkan Renewable Energy Certificate (REC) sebagai solusi bagi pelanggan yang ingin mencapai target Net Zero Emission (NZE) atau menggunakan energi bersih.
Selain itu, PLN turut memaparkan perkembangan ekosistem kendaraan listrik (EV), termasuk ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), serta mengajak pelanggan untuk memanfaatkan fitur-fitur digital di aplikasi PLN Mobile guna kemudahan layanan.
Apresiasi Pelanggan Terbaik Gorontalo
Pada puncak acara, PLN UP3 Gorontalo memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas dan kontribusi pelanggan terbaik di berbagai kategori:
PT Charoen Pokphand Indonesia – Most Loyal Customer
PT Biomasa Jaya Abadi (BJA) – Top Usage Customer
PT Seger Pangan Sejahtera – Most Responsive Customer
PT Gorontalo Panel Lestari – Most Uses Green Energy Customer
PT Boneva dan Hulondalo Ballroom – Most Representative Customer
Melalui Customer Gathering ini, PLN menegaskan kembali komitmennya untuk terus berinovasi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat kepercayaan publik terhadap PLN sebagai penyedia energi yang andal, efisien, dan menjadi mitra utama dalam mewujudkan bisnis dan industri yang berkelanjutan di Provinsi Gorontalo.(ing)
