Barometer.co.id-Jakarta. Layanan TelkomGroup mengalami gangguan pada Minggu (19/09) sejak pukul 17.33 WIB. Gangguan tersebut terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera, Kalimantan) ruas Batam-Pontianak. Akibatnya, terjadi penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Manado.
“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melaukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan,” kata SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.
Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak. “Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya.”(jm)