oleh

Normalisasi Sungai di Manado, Disperkimtan Sulut Tunggu Desain Untuk Pembebasan Lahan

Barometer.co.id-Manado. Tiga sungai di Kota Manado akan dinormalisasi untuk mempercantik wajah kota Manado. Saat ini persiapan normalisasi sungai tersebut sedang dilakukan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Sulawesi Utara (Sulut), Steve Kepel mengatakan, pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi I sudah melakukan koordinasi terkait pembebasan lahan yang akan digunakan untuk menormalisasi sungai tersebut. Untuk itu menurut Kepel, pihaknya sudah meminta desain hingga penetapan lokasi wilayah yang akan dilakukan normalisasi.

“Kami sangat mendukung rencana Balai Sungai untuk melakukan normalisasi tiga sungai yang ada di kota Manado, yaitu Tikala, Sario dan Tondano. Kami pun siap melakukan pembebasan lahan guna keperluan proyek tersebut. Untuk itu kami sudah meminta pihak balai sungai agar segera membuat desain dan segera melakukan penetapan lokasi. Sebab berdasarkan penetapan lokasi tersebut kami baru bisa melakukan proses pembebasan lahan,” kata Kepel.

Normalisasi sungai di Kota Manado nantinya akan menggunakan konsep waterfront city. Di mana nantinya rumah-rumah yang berada di sepanjang aliran sungai akan menghadap ke sungai. Sehingga sepanjang aliran sungai akan terlihat indah. Kebersihan pun akan terjaga. “Dengan rumah menghadap ke sungai, maka sungai akan menjadi bersih. Sehingga sungai di kota Manado akan kelihatan indah,” ujarnya.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed