Barometer.co.idManado. Progres perluasan terminal Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado sampai akhir Desember 2021 telah mencapai 98 persen. General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai mengatakan, saat ini pekerjaan tinggal pemasangan Baggage Handling System (BHS).

“Untuk BHS yang satu unit sedang dalam proses pemasangan, sedangkan satu lagi akan segera dipasang dalam waktu dekat. Jika BHS tersebut sudah dipasang maka semua pekerjaan perluasan terminal penumpang ini sudah selesai,” kata Minggus pada coffee morning dengan wartawan, Kamis (23/12).

Coffee Morning Bandara Sam Ratulangi Manado dengan wartawan, Kamis (23/12).

Sementara untuk pemasangan garbarata menurut Minggus juga akan diselesaikan akhir tahun ini. “Dua unit garbarata akan tiba dalam waktu dekat ini dan akang langsung diinstall. Kami menargetkan tanggal 31 Desember sudah selesai. Dari dua garbarata yang ada, satu disiapkan untuk pesawat berbadan lebar, ” jelas Minggus.

Dengan adanya perluasan ini, luas terminal penumpang Bandara Sam Ratulangi Manado menjadi 57 ribu M2 dari sebelumnya 26 ribu M2. Kapasitas penumpang pun meningkat dari 2,6 juta per tahun menjadi 5,7 juta penumpang per tahun. Selain itu, counter check-in ditambah menjadi 45 unit, dari sebelumnya 30 unit. Sementara kapasitas parkir juga ditingkatkan. Untuk parkir mobil dari 350 unit menjadi 650 unit, sedangkan motor menjadi 750 unit. Proyek perluasan terminal juga membangun tol gate masuk dan keluar yang baru sehingga memperlancar kendaraan yang akan masuk dan keluar bandara.

Minggus mengatakan, pihaknya juga akan membuat bandara ini sebagai tempat selfie. Area bandara akan ditata menjadi hijau dan indah sehingga pengguna bandara dapat melakukan selfie di lokasi tersebut.(jm)