Barometer.co.id-Manado. Tahun 2022 dan 2023 mendatang, sejumlah event internasional akan digelar di Sulawesi Utara. Tahun 2022 ini, Sulut akan menggelar Woman20 (W20) yang merupakan bagian dari kegiatan KTT G20. Sementara tahun 2023 mendatang, Sulut akan menjadi tuan rumah World Beach Games.

W20 akan digelar di Hotel Paradise Likupang pada 14-16 Februari 2022. Selain itu, Sulut juga akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Transportation and Finance Meeting pada bulan Maret dan September. Sulut juga akan menggelar International Fishing Tournament pada tahun 2022 ini.

Pelaksanaan ajang internasional ini dipastikan akan mendatangkan keuntungan bagi Sulawesi Utara. Sebab total ribuan orang akan datang ke Sulawesi Utara untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut, Ir. Jenny Karouw, MSi mengatakan, ajang Woman20 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KTT G20 yang diselenggarakan di Indonesia tahun 2022 ini. Peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 126 dari 52 negara.

“Peserta resmi memang sebanyak 126 orang, namun dipastikan yang akan datang lebih dari itu,” kata Karouw, Selasa (11/01/22).

Karouw mengatakan, Sulut juga akan menjadi tuan rumah pelaksanaan rangkaian KTT G20 lainnya, yaitu Transportation and Finance Meeting. Dua kegiatan tersebut akan dilangsungkan bersamaan pada bulan Maret dan September 2022.

Sementara untuk World Beach Games, menurut Karouw memang akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. Namun persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut akan dilakukan mulai tahun 2022 ini.

“Kegiatan internasional yang akan diselenggarakan di Sulut ini pastinya akan membawa dampak ekonomi bagi Sulut. Sebab dengan banyaknya orang yang akan datang, pasti akan menggerakkan sektor pariwisata, hotel dan restoran,” jelas Karouw.(jm)