oleh

Covid Kian Landai, Deltacron Mengintip

Barometer.co.id – Amurang

Kasus penambahan Covid-19 kian landai di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Dalam seminggu ini penambahan kasus baru tidak pernah lebih dari satu digit per harinya. Seperti pada hari Minggu (13/03), hanya terjadi tiga kasus.

Meski masih ada penambahan, namun dengan kian melandai, memberikan signal positif atas kerja pemerintah dan seluruh stakeholder. Terutama program vaksinasi yang dinilai sudah cukup berhasil. Selain itu juga 3T (Testing, Tracing dan Treatment) yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) turut memberi andil.

“Sudah dua pekan kasus Covid di Minsel memang sudah mengalami penurunan yang tajam. Sekarang juga bertahan tidak melampaui dari satu digit. Kita bersukur program vaksinasi dan penerapan 3T yang kita lakukan terbilang berhasil. Kita berusaha tidak ada lagi lonjakan kedepannya,” ujar Kadis Kesehatan dr Erwin Schouten.

Upaya menekan sampai 0 kasus, dia memintakan masyarakat dapat bekerjasama. Terutama dengan tetap jalankan protokol kesehatan berupa pemakaian masker dan mencuci tangan. Selain tentunya vaksinasi lengkap agar herd immunity dapat benar-benar terwujud,” jelasnya.

Menyangkut status PPKM, menurutnya Minsel masih pada level III. “Levelnya memang masih III, tapi karena memang perubahan status di-release per dua minggu. Pastinya kasus di Minsel sudah rendah,” pungkas Schouten.

Melandainya penambahan Covid bukan berarti kita tidak perlu waspada. Pasalnya kini sudah ditemukan varian baru yang dinamakan Deltacron. Varian baru yang pertamakali ditemukan di Siprus dan telah menyebar di Eropa ini merupakan gabungan antara varian Delta dan Omicron.

Walaupun di Indonesia belum terkonfirmasi masuknya Deltacron, bukan berarti dapat mengabaikan segala kemungkinan. Maka dari itu kewaspadaan tetap wajib dilakukan.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *