oleh

Kerusakan Instalasi Bawah Tanah Penyebab Padamnya Traffic Light di Grand Kawanua

Barometer.co.id-Manado. Sudah sekitar satu bulan lampu lalu lintas di persimpangan Grand Kawanua Manado tidak berfungsi. Hal ini ternyata diakibatkan rusaknya control box dan instalasi kabel bawah tanah di lokasi tersebut.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Sulut, Reinhard Ronald mengatakan, pihaknya sudah mendatangkan alat pengganti dan akan segera memperbaiki kerusakan tersebut.

“Terkait Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di depan Grand Kawanua City Walk, telah terjadi kerusakan pada control box dan instalasi kabel di bawah tanah,” ujar Reinhard.

Dikatakannya, alat yang rusak sebenarnya sudah ada sejak sebelum lebaran, namun teknisi yang akan mengerjakan baru bisa datang setelah lebaran.

“Saat ini teknisi dari Jawa sudah ada dan akan segera melakukan perbaikan. Rencananya hari Jumat ini akan mulai dikerjakan, ” ujarnya.

Tidak berfungsinya lampu lalu lintas tersebut mengakibatkan pihak berwenang menutup arus lalu lintas dari arah Bengkol dan harus memutar di depan Kantor Camat Mapanget. Hal ini sering menyebabkan kemacetan di lokasi tersebut karena banyaknya kendaraan yang akan memutar. Apalagi pada jam sibuk seperti pagi hari ataupun sore sampai malam.


Lalu lintas di Persimpangan Grand Kawanua juga sering terjadi kesemrawutan akibat banyaknya kendaraan yang melewati jalan tersebut.

“Baguslah kalau memang sudah akan segera diperbaiki. Sebab kami yang sering melewati jalan tersebut harus memutar cukup jauh. Kami memang berharap lampu lalu lintas tersebut dapat segera berfungsi kembali,” kata Rita warga GPI.

Pada prinsipnya kami tetap berusaha agar kerusakan APILL pada Simpang Grand Kawanua City Walk dapat segera kami atasi dan berfungsi kembali secepatnya, sehingga dapat kembali meningkatkan kelancaran dan keselamatan lalu lintas,” ujarnya.(jm)