Barometer.co.id-Manado. Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan jumlah triliunan rupiah akan dikucurkan sejumlah bank di Sulawesi Utara. BNI yang menyiapkan Rp1,6 triliun dan BRI lebih dari Rp5 triliun. KUR tersebut dapat dimanfaatkan pelaku usaha di Sulawesi Utara untuk mengembangkan usahanya.

CEO BRI Kanwil Manado, John Sarjono mengatakan, tahun 2021, pihaknya telah menyalurkan KUR Rp5,2 triliun. “Tahun 2022 ini, kami mendapat alokasi 120 persen dari tahun 2021. Target KUR di Sulut paling besar adalah sektor Pertanian karena sektor ini merupakan penyumbang PDRB terbesar di Sulut,” kata Sarjono.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Wilayah Bisnis SME dan Konsumer BNI Kanwil 11 Manado, Faizal Isnaeni mengatakan, tahun 2021 lalu BNI Kanwil 11 menyalurkan KUR Rp1,2 triliun.

“KUR ini merupakan program pemerintah dan tahun 2021 kami berhasil menyalurkan 101,14 persen dari alokasi untuk BNI Wilayah 11. Tahun 2022 ini kami akan mendapat alokasi KUR 1,6 triliun,” kata Faizal.

KUR memiliki bunga rendah dibanding jenis kredit lainnya, karena KUR memang ditujukan untuk pengusaha kecil agar mereka dapat meningkatkan usahanya menjadi lebih besar. Untuk itu masyarakat dapat memanfaatkan KUR ini jika ingin mengembangkan usahanya.(jm)