Barometer.co.id – Amurang
Bencana longsor di pantai Amurang yang meluluhlantakan jembatan Ranowangko, fasilitas publik, rumah warga dan bangunan lainnya menyisakan duka yang dalam. Apalagi ancaman bencana susulan masih menguntit menunggu segera dilakukan penanganan khusus.

Mempercepat proses penanganan korban dan juga pasca bencana, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Frangky Donny Wongkar melakukan kunjungan sejumlah intansi terkait di pemerintah pusat pada Rabu (22/06).

Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang PUPR dan kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman mengunjungi untuk melakukan lobby di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia  (PUPR RI).

Pada kesempatan tersebut Bupati beserta rombongan berkoordinasi dengan pihak Kementerian PUPR, melalui Direktorat Sumber Daya Air yang diterima oleh Bob Lombogia selaku Direktur Sungai dan Pantai. Dipertemuan ini membahas terkait bencana yang terjadi di Pantai Amurang.

Tidak sampai disitu, rombongan melanjutkan ke Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dan diterima oleh Direktur Rumah Khusus Ir. Yusniewati, M.Sc. Di pertemuan tersebut untuk membicarakan mengenai hunian tetap untuk para korban bencana. Sekaligus juga menyerahkan proposal permohonan rumah khusus bagi para korban bencana.

Marathon kemudian menuju ke Direktorat jenderal Agraria dan Tata Ruang Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah Kementerian ATR/BPN. Bupati disambut oleh Direktur Andi Tenri Abeng. Kunjungan ini diharapkan dapat mempercepat penyediaan lahan bagi relokasi pemukiman korban bencana.

Tidak hanya sampai di Kementrian,  Wongkar  juga berkoordinasi dengan Ketua Komisi V  DPR RI bapak Lasarus dan ketua Banggar DPR RI, M.H Said Abdullah. Pertemuan difasilitasi oleh Gubernur Sulut bapak Olly Dondokambey.

Atas kedatangan Bupati, Ketua komisi V DPR RI bapak Lasarus dipastikan akan berkunjung ke provinsi Sulawesi utara dan ke Kabupaten Minsel meninjau korban pasca bencana.

Direncanakan  Bupati pada hari ini melanjutkan kunjungan kerja ke Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI). Rombongan telah dijadwalkan akan diterima oleh Asisten Deputi Penanganan Pasca Bencana Bapak Nelwan Harahap.(jim)