Barometer.co.id-Qatar. Argentina datang ke Piala Dunia 2022 sebagai tim favorit untuk memenangkan turnamen paling besar di dunia ini. Rekor mereka tak main-main, tim asuhan Lionel Scaloni ini tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan terakhir.

Namun pada pertandingan pertama di Grup C, Arab Saudi menghentikan catatan manis Argentina yang merupakan pemegang dua gelar Piala Dunia tahun 1978 dan 1986.

Skor akhir 1-2 untuk kemenangan Arab Saudi atas Argentina yang pada 2021 memenangi Copa America sekaligus menjadi salah satu kejutan terbesar di Piala Dunia.

Sebelum Piala Dunia digelar, Argentina sangat sedikit kebobolan. Dan dalam lima pertandingan terakhir, mereka tidak kebobolan dan berhasil mencetak 16 gol. Terakhir kali Argentina mengalami kekalahan pada final Copa America 2019 dari Brazil.

Menambah kepedihan yang harus diterima Argentina adalah, Arab Saudi memiliki rekor yang kurang baik, dan sangat kontras. Dari 32 tim peserta Piala Dunia 2022, hanya Ghana yang rangkin FIFA nya berada di bawah Arab Saudi. Selama keikutsertaan mereka di Piala Dunia, Arab Saudi pun hanya tiga kali meraih kemenangan.

Arab Saudi pun menjadi tim pertama di luar negara Eropa yang berhasil menang atas Argentina di Piala Dunia, sejak Kamerun melakukannya pada tahun 1990.

Namun, jika ada hal yang bisa dipetik Argentina atas kekalahan mereka atas Kamerun pada 1990 adalah, mereka berhasil mencapai babak final.

Bagi Arab Saudi, ada statistik menarik, yait tiga tim terakhir yang mengalahkan Argentina di Piala Dunia berhasil berhasil meraih juara (Jerman melakukannya pada tahun 2014 dan Prancis di tahun 2018), atau mencapai babak final (Kroasia tahun 2018).

Setidaknya, Arab Saudi berpeluang mengulangi hasil terbaik mereka di Piala Dunia, yakni mencapai babak 16 besar pada tahun 1994.

Pada pertandingan yang digelar di Lusail Stadium ini, Argentina unggul lebih dulu melalui penalti Lionel Messi di menit ke-10. Sedangkan dua gol Arab Saudi dicetak Saleh AL-Shehri pada menit 48 dan Salem Al-Dawasari menit 53.

Argenina sebenarnya bisa unggul 4-0 pada babak pertama. Namun tiga gol Argentina dianulir karena offside. Argetnina akan melakoni pertandingan kedua melawan Meksiko pada Sabtu nanti, sedangkan Arab Saudi melawan Polandia.(jm)