Barometer.co.id-Manado. Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII melaksanakan penanaman mangrove di desa Palaes, Likupang Barat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Asisten Potensi Maritim Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII (Aspotmar Danlantamal VIII) Kolonel Laut (KH) Ir. Florendo V. Jacobus, M.Si. Jumat (10/2)

Aspotmar Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa latar belakang kenapa Desa Palaes dijadikan tempat penanaman mangrove karena desa ini merupakan salah satu destinasi wisata sekaligus sebagai desa binaan Lantamal VIII. “Di samping itu juga desa ini memiliki potensi besar untuk dikembagkan menjadi desa wisata bahari,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk dukungan dari program yang dicanangkan Markas Besar TNI. Kegiatan kick off penanaman mangrove rencananya akan digelar pada Maret mendatang dan akan diikuti seluruh satuan di jajaran TNI secara virtual.

Lantamal VIII pada kesempatan tersebut berhasil menanam 2000 mangrove di Desa Palaes, dan nantinya secara bertahap akan dilakukan penanaman kembali sampai mencapai 10.000.

Selain personel Lantamal VIII, penanaman tersebut juga melibatkan berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, organisasi kemasyarakatan serta Babinsa dan anggota Koramil 1310 Bitung.(*/jm)