Barometer.co.id-Gorontalo. Rapat Kerja (Raker) Kaum Bapak Katolik (KBK) Keuskupan Manado yang digelar Sabtu (25/02/23) di Gorontalo menetapkan Paroki St. Paulus Palu sebagai tuan rumah pelaksanaan Raker tahun 2025. Sementara enam paroki bersaing jadi tuan rumah Konferensi dan Pertemuan Raya tahun 2026.

“Siapa yang akan ditetapkan jadi tuan rumah Konferensi dan Pertemuan Raya KBK Keuskupan Manado 2026 akan kami putuskan setelah dilakukan verifikasi keenam calon tuan rumah tersebut,” kata Ketua Umum KBK Keuskupan Manado, Edwin Kindangen dalam Raker KBK berlangsung di Paroki St. Kristoforus, Gorontalo.

Keenam paroki yang berebut jadi tuan rumah pertemuan akbar KBK tersebut yakni KBK Paroki Guaan, KBK Paroki Laikit, KBK Paroki FX Xaverius Kakaskasen, KBK Yoh Kornelius Lotta, KBK Pineleng dan KBK Gorontalo.

Diterimanya calon enam paroki tersebut, kata Edwin telah ditetapkan dalam rapat dengan pimpinan sidang Ketua I DR Charles Ngangi, Koordinator Biro Organisasi Ferlansius Pangalila SH MH, Sekretaris Umum Jimmy VN Pandelaki SH, Bendahara Umum KBK Rainer N Dondokambey, S Hut, serta Pastor Moderator Pst Damianus Yamko Alo, Pr dan dirinya selaku Ketua Umum KBK Keuskupan Manado.

Sebelumnya untuk penjaringan tuan rumah raker dan konferensi KBK didahului rapat komisi  yang dibagi dua kelompok pembahas terdiri program internal dan eksternal.

Koordinator Biro Organisasi, Ferlansius mengatakan dalam raker ini juga menerima seluruh program kerja biro, untuk selanjutnya akan disempurnakan oleh tim perumus sebelum diteruskan kepada pengurus KBK di Keuskupan Manado.

Selain rapat komisi, para peserta diberi pembekalan materi dibawakan mewakili Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah serta Pastor DR Revi Tanod, Pr.

Jimmy Pandelaki mewakili seluruh pengurus KBK Keuskupan dan peserta dalam acara jamuan kasih bersama umat setempat, menyampaikan terima kasih kepada seluruh umat Paroki St. Kristoforus Gorontalo dan pengurus serta anggota KBK paroki setempat di bawah pimpinan Pastor Paroki Ronny Singal, Pr atas suksesnya rapat kerja KBK tahun 2023.(*/jm)