oleh

Siap Berkolaborasi dengan BPMP Provinsi Sulut, Wagub Pastikan Peningkatan Kompetensi Guru Jadi Prioritas

Manado, Barometer.co.id
Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw pada Rabu (31/05) membuka kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka bertempat di Aula Sam Ratulangi BPMP Provinsi Sulut.

Kegiatan ini dihadiri 130 guru Fisika, 118 guru Sejarah, 103 guru Biologi, 92 guru Matematika, 56 guru Matematika dan 409 siswa yang akan mengikuti Olimpiade Sain Nasional (OSN).

Dalam arahannya, wagub berharap ke depan upaya peningkatan kompetensi guru-guru pada jenjang pendidikan SMA dan SMK menjadi prioritas dan secara bertahap harus terus ditingkatkan.

“Ke depan, program ini harus tuntas dengan melibatkan seluruh guru-guru,” ujar Kandouw.

Di mana, hal ini tentu harus menjadi perhatian serius Dinas Dikda Sulut berkolaborasi dengan Kemendikbudristek melalui BPMP Provinsi Sulawesi Utara.

“Guru-guru harus akuntabel dan punya kompetensi, ini jadi salah satu modal dalam memajukan pendidikan di Sulut,” tukas wagub.

Sementara itu, Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Utara Febry HJ Dien ST MInf Tech (Man) mengatakan bahwa saat ini perlu adanya upaya percepatan peningkatan mutu pendidikan. Karena pendidikan bukan hanya tanggung jawab Dinas Pendidikan, Kemendikbudristek, tetapi juga masyarakat.

“Saya berharap kolaborasi ke depan dapat lebih ditingkatkan dalam mendorong upaya peningkatan kompetensi guru-guru SMA dan SMK,” tukas Febry.

Ia juga menyentil mengenai digitalisasi pendidikan sebagai upaya yang dilakukan agar pendidikan di daerah makin melambung. Pihak BPMP Provinsi Sulawesi Utara tentu siap membantu dan memfasilitasinya.

‚ÄúData di Kemendikbudristek menunjukan bahwa daerah yang punya komitmen untuk pengembangan digitalisasi pendidikan atau disebut champion yakni Sulawesi Utara sebagai nomor satu,” ungkap Febry.

Diakuinya juga sampai saat ini prestasi Sulut untuk beberapa dashboard atau kinerja yang diukur oleh Kemendikbudristek mengalami peningkatan.

“Kemendikbudristek punya beberapa dashboard yang dilakukan, contohnya pemanfaatan platform merdeka belajar. Di mana, di Sulut dalam dua pekan terakhir mengalami peningkatan,” ungkap Febry.

Turut hadir dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMA dan SMK, Sekprov Sulut Steve Kepel ST MSi yang juga merupakan Plt Kadis Dikda Sulut, Kepala BKD Sulut Clay Dondokambey SSTP MSi serta sejumlah pejabat eselon dua lainnya di lingkungan Pemprov Sulut maupun Staf Khusus Gubernur bidang Pendidikan Dra Anne Dondokambey.(eau)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *