oleh

BSIP Sulut Hadiri TIFF di Kota Tomohon

Barometer.co.id-Tomohon. Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) terbesar di Indonesia, kembali digelar di kota Tomohon. Pawai kendaraan hias, atau Tournamnet of Flower yang sudah familiar di kota Tomohon, Sabtu (12/08), menjadi momen yang dinantikan masyarakat baik mancanegara dan lokal.

Saat menghadiri kegiatan ini, Agussalim kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Sulawesi Utara, apresiasi kegiatan ini. Ia bangga karena ajang ini merupakan salah satu  kontribusi Kementerian Pertanian di kota Tomohon.

“Keragaan bunga krisan yang menghias di Float, adalah pengkayaan dari Institusi Kementerian Pertanian Republik Indonesia, di dalamnya adalah BSIP sebagai inisiasi pengkayanya. Karena sejak tahun 2008 , berawal dari Tournamen of Flowers (TOF) sebagai lokomotifnya, kini TIFF, BSIP Kementan terdepan mengawal para pelaku utama bunga, terutama Krisan. Memang, “Pahlawan” tidak perlu disebut,” katanya sambil canda.

Kegiatan TIFF kali ini, diikuti oleh 29 Float kendaraan dengan bahan utama adalah bunga krisan. Juga dimeriahkan oleh Marching Band dari enam sekolah di kota Tomohon. Selain kegiatan ini, juga ada lengga-lenggo Fashion Carnival dan Flower Girl.

“Dan menariknya lagi, dari dekorator dan penyedia bunga, adalah petani binaan BSIP Sulawesi Utara,” tutup Agus.

Dengan mengusung tema Walking Together, Rising Together, Tournemanet of Flowet diisi dengan sambutan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 40 Duta Besar dan perwakilan negara sahabat. Mengawali rangkaian parade yaitu tarian syukur atas hasil panen bunga oleh 400 anak sekolah, kemudian dilanjutkan dengan parade kendaraan hias bunga dari berbagai macam Instansi, BUMN dan lainnya.

Salah satu yang menarik dari event ini adalah kebanyakan dari penyedia bunga dan dekorator adalah Petani binaan BSIP Sulawesi Utara. Hadir pula dalam acara ini Kepala BPSI Tanaman Hias ibu Dr. Ir. Erna Suryani, MSi bersama staf.(*/jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *