KONI Sulut Minta Perwosi Bangun Sinergitas Dengan Stakeholder Olahraga

Barometer.co.id-Manado. Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw meminta Pengurus Provinsi Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Sulut segera membangun simergitas dengan stakeholder olahraga baik yang ada di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

Hal itu diungkapkan Drs Steven Kandouw, yang juga adalah Wakil Gubernur Sulawesi Utara, melalui Drs Roby Lumi, yang mewakili KONI Sulut dalam acara Pelantikan Pengprov Perwosi Sulut dan Perwosi Kalimantan Barat di Hotel Grand Whiz, Kawasan Megamas Manado, Rabu (30/08).

Alasannya, sinergitas dengan seluruh komponen yang bersentuhan dengan olahraga sangat membantu upaya Perwosi untuk mewujudkan program dalam upaya memfasilitasi kaum wanita dalam kiprahnya di bidang olahraga baik olahraga prestasi maupun olahraga masyarakat serta olahraga rekreasi.

Menurut Kandouw seperti dikutip Lumi, dari data sementara, saat ini ada sekitar tiga hingga lima ribu kaum hawa di Sulawesi Utara yang menggeluti olahraga baik olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi bahkan olahraga masyarakat.

Dari jumlah ribuan kaum hawa yang menggeluti olahraga, ada ratusan yang tengah berjuang untuk mengharumkan nama Sulut di Babak Kualifikasi PON XXI/2024 melalui beberapa cabang olahraga dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang tengah berlangsung di Palembang.

Kalau saja Perwosi Sulut mampu hadir untuk memfasilitasi para atlet wanita dalam menekuni karirnya di bidang olahraga melalui sinergitas dengan stakeholder olahraga, ia percaya lima hingga sepuluh tahun ke depan kaum hawa yang berprestasi olahraga di Sulut akan meningkat secara drastis.

KONI Sulut, lanjut Lumi yang menjabat sebagai Anggota Komisi Pembibitan dan Inovasi dalam Kepengurusan KONI Sulut Masa Bakti 2021-2025, sangat berterima kasih kepada Ketua Umum Pengurus Pusat Perwosi, Ir. Ny. Tri Tito Karnavian, M. Si, yang cukup memberikan perhatian serta terus memotivasi Pengprov Perwosi Sulut yang dinakhodai Amelia Tungka dalam upaya peningkatan prestasi para wanita yang menekuni olahraga.

Sementara itu, prosesi pelantikan dilakukan secara virtual dengan menghadirkan personil Pengurus Provinsi Sulawesi Utara serta Pengprov Perwosi Kalimantan Barat, dipimpin oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Perwosi Ir. Ny. Tri Tito Karnavian, M. Si.

Dari daftar susunan kepengurusan Perwosi Sulut terdapat sejumlah wanita hebat yang ikut berperan dalam peningkatan prestasi olahraga di Bumi Nyiur Melambai seperti Carla CC Montong, SPd, yang telah mengabdikan diri puluhan tahun untuk membina olahraga di instansi Dinas Pendidikan Nasional hingga Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

Selain itu juga terdapat salah satu nama wanita olahraga Sulut yang telah menyumbangkan medali perak bagi Kontingen Sulut di PON XVI Kalimantan Timur Tahun 2008 dan Perunggu di PON XVII Riau Tahun 2012, Susiana Mopangga di jajaran Perwosi Sulut.(dni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *