Lakukan Pemeliharaan Pembangkit, Langkah Jitu PLN Tingkatkan Keandalan Kelistrikan di Sangihe

Barometer.co.id-Tahuna. PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan kelistrikan bagi seluruh pelanggan PLN yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam upaya peningkatan pelayanan ini, PLN pun turut mempertimbangkan dan memperhitungkan potensi pertumbuhan penggunaan listrik oleh pelanggan.

Hal ini pun yang mendasari berbagai kegiatan pemeliharaan pada instalasi kelistrikan PLN perlu dilakukan agar distribusi tenaga listrik PLN tetap sustain dan dapat melayani pelanggan PLN dengan baik.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna sebagai unit operasional PLN di pulau terluar Indonesia memiliki tantangan sendiri dalam menghadirkan listrik yang andal bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Agar terjaganya suplai listrik yang sustainable dan minim gangguan, PLN UP3 Tahuna perlu menjaga agar mesin pembangkit yang melayani masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe tetap awet dari kerusakan fatal.

Untuk itu, PLN UP3 Tahuna melaksanakan pemeliharaan mesin pembangkit rutin guna meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kepulauan Sangihe. Manager PLN UP3 Tahuna, Muhammad Taufik, menyampaikan permohonan maaf karena suplai listrik yang terhenti sementara karena pelaksanaan pemeliharaan pada mesin pembangkit.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk penghentian aliran listrik yang terjadi, saat ini upaya penormalan dan peningkatan keandalan terus kami lakukan, serta beberapa pekerjaan pemeliharaan sudah dilaksanakan,” kata Taufik.

Ia pun menyampaikan imbas pekerjaan pemeliharaan yang dilaksanakan ini dapat mempertahankan kemampuan mesin pembangkit yang ada untuk terus melayani kelistrikan Kepulauan Sangihe dalam waktu yang lama.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan berterima kasih atas pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat pemeliharaan ini, kami akan terus melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan pembangkit dengan tepat waktu agar pasokan listrik kembali normal, pada akhir bulan Agustus ini” ujar Taufik.

Taufik pun mengunjungi sejumlah stakeholder terkait untuk dapat memberikan informasi yang jelas terkait program peningkatan keandalan kelistrikan PLN. Koordinasi yang dilakukan antara lain bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ir. Gregorius. D. Londo,S.T, S.E, M.Sc, dan Kepala Bagian Ekonomi, Rivon David, SE.

Tidak hanya itu Taufik pun mengunjungi langsung Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Dhana Ananda Syahputra, S.H., S.I.K.,M.Si, Komandan Kodim 1301/Sangihe, Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, S.Sos, M.H., dan Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe, Eri Yudianto, S.H, M.H. Pertemuan berlangsung akrab, di mana Taufik pun menyampaikan berbagai program pembangunan kelistrikan di Kepualauan Sangihe.

“Tujuan kunjungan ini untuk silaturahmi sekaligus berkoordinasi kepada masing masing pemangku kepentingan. Dengan sinergi yang terus terjalin, kami berharap dapat bersama- sama terus membangun Sangihe khususnya di bidang kelistrikan,” ujar Taufik.

Sementara itu, AKBP Dhana Ananda Syahputra, S.H., S.I.K.,M.Si menyampaikan kesiapannya dalam mendukung upaya PLN meningkatkan keandalan pasokan listrik di Kepulauan Sangihe. “Harapannya kolaborasi dan koordinasi tetap terjaga. Mohon dukungannya dari PLN agar listrik di Sangihe semakin andal sehingga tugas-tugas kami dalam melayani masyarakat juga dapat maksimal,” kata Dhana.

Senada dengan Dhana, Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, S.Sos, M.H, mengatakan, sudah kewajiban pihaknya untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, termasuk bidang kelistrikan. “Kami siap mendukung segala program pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan kelistrikan yang dikerjakan oleh PLN. Kami harap ke depan PLN dapat terus berkoordinasi dengan kami,” kata Suhendro.

Ucapan terima kasih dan dukungan juga disampaikan oleh Kajari Kepulauan Sangihe, Eri Yudianto, S.H, M.H. ‘’Terima kasih atas kunjungan PLN ke kantor kami. Mari kita lanjutkan kerja sama yang sudah terjalin antar PLN dengan Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe. Yang kurang mari kita tingkatkan,” ucap Eri.

Saat ditemui terpisah, Pejabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian PLN dalam meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sangihe. “Penggerak ekonomi masyarakat salah satunya adalah listrik, Pemkab Sangihe berharap kondisi kelistrikan dapat terjaga, sehingga aktivitas ekonomi masyarakat terus berjalan dengan baik,” terang Rinny.

“Kami mendukung penuh setiap pekerjaan PLN, termasuk perambasan pohon yang sudah menyentuh jaringan listrik. Pihak Pemerintah Daerah pun akan melakukan sosialisasi mandiri kepada masyarakat terkait pembersihan ranting pohon yang berpotensi menyebabkan gangguan listrik, ini untuk kepentingan dan keselamatan masyarakat,” tambahnya.

“Kami berharap PLN untuk terus berkoordinasi dengan Pemda Sangihe khususnya soal kelistrikan di Sangihe, sehingga Pemda Sangihe dan PLN dapat berkolaborasi untuk memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat,” pungkas Rinny.

PLN berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder serta masyarakat atas dukungan kepada PLN untuk menghadirkan layanan kelistrikan yang prima. “Kami komit akan terus berkoordinasi dan bersinergi terkait pembangunan kelistrikan dengan pemerintah daerah untuk mendukung setiap program dalam peningkatan ekonomi khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tutup Taufik.(ing)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *