BPJN Sulut Pacu Pengerjaan “Manado Outer Ring Road” 1,9 Kilometer

Barometer.co.id-Manado. Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Utara, Hendro Satrio MK mengatakan, pembangunan jalan lingkar luar Manado atau ‘Manado Outer Ring Road’ (MORR) III sepanjang 1,9 kilometer terus dipacu pengerjaannya.

“Kita terus memacu pengerjaannya sehingga bisa selesai di akhir tahun ini,” kata Hendro di Manado, Minggu.

Dia mengatakan, setelah kontrak sempat terjadi permasalahan di 400 meter stasiun (STA) awal, di mana ada sengketa lahan, akan tetapi dapat diselesaikan.

“Saat ini kami sudah mulai melakukan pekerjaan di lokasi sepanjang 1,9 kilometer tersebut. Sudah ada pekerjaan clearing, pemasangan box culvert, lapis pondasi kelas A hingga pada proses pengaspalan setelah sengketa tanah diselesaikan,” ujarnya.

Realisasi pekerjaan fisiknya, kata dia, telah mencapai kira-kira 28,5 persen sementara capaian serapan anggaran sebesar 26,3 persen. “Alokasi anggaran untuk pengerjaan MORR III tahap tiga ini sebesar Rp27,5 miliar,” ujarnya.

Dia mengatakan, percepatan pengerjaan MORR III ini sangat bergantung dari ketersediaan lahan yang sudah dibebaskan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertahanan Daerah Provinsi Sulut.

 “Di sepanjang ruas MORR III tahap tiga ini tidak ada pekerjaan pembangunan jembatan, hanya pekerjaan “crossing box culvert’. Kami optimistis bisa terkejar pengerjaan tahap tiga ini,” ujarnya.

Dua tahun sebelumnya setelah di- ‘groundbreaking’, BPJN Sulut telah menyelesaikan pembangunan MORR III tahap satu dan dua sepanjang tiga kilometer, total MORR III sepanjang 11,3 kilometer.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *