oleh

PLN Nusantara Power UPDK Minahasa Juara Pertama Seleksi SPKI

Barometer.co.id-Jakarta PT PLN Nusantara Power Unit Pelaksana dan Pengendalian (UPDK) Minahasa, meraih juara satu Seleksi Penghargaan Karya Inovasi (SPKI) PLN tingkat nasional Kategori Energi Baru Terbarukan (EBT) tahun 2023 pada Kamis, 5 Oktober 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Karya Inovasi yang berjudul Peningkatan green kWh PLTS hybrid dengan motode machine learning based operation mode decision-making (MOMA) berhasil mengungguli dua finalis lain pada kategori tersebut.

Menurut keterangan Hadi Ichsan Saputra, salah satu anggota tim inovator, metode MOMA digunakan sebagai acuan bagi operator untuk menentukan mode rekomendasi yang tepat secara real time. Langkah ini diperlukan agar batasan-batasan pengoperasian dapat dioptimalkan sesuai dengan kondisi sistem.

Metode MOMA menggunakan inputan data BMKG, ramalan irradiance, Rencana Operasi Mingguan (ROM) PLTD, dan ROM PLTS. Selain itu, untuk memudahkan implementasi, metode MOMA sudah dikemas dalam bentuk web aplikasi agar operator dapat menggunakan dengan cepat. Metode MOMA diimplementasikan di PLTS hybrid Sangihe sejak Oktober 2022.

Dampak positif dari implementasi metode ini adalah jumlah produksi green kWh yang dapat ditingkatkan secara rata-rata 35,5% per bulan, dan tingkat efisiensi konsumsi BBM pada mesin back up dapat ditekan hingga 0,276 liter/kWh. Total penghematan BBM sejak implementasi hingga Juni 2023 adalah Rp 3.074.246.324,00. Angka penghematan ini setara dengan pengurangan 619 ton CO2.

Kegiatan seleksi karya inovasi adalah salah satu acara dalam rangkaian acara LIKE PLN 2023 yang digelar oleh PT PLN (Persero) Pusat Penelitian dan Pengembangan untuk memupuk semangat inovasi pada setiap insan PLN grup. LIKE PLN merupakan event terbesar untuk mewadahi dan mengapresiasi pertumbuhan aset-aset pengetahuan perusahaan dengan tema tahun ini yang bertajuk “Inovasi untuk Meningkatkan Value Creation Berbasis Environment, Social, and Governance menuju Net Zero Emission”.

Transisi energi dari basis bahan bakar fosil menjadi renewable memang perlu dilakukan secara cepat. Mengingat dampak dari pemanasan global dan perubahan iklim sudah sangat terasa pada dewasa ini. Penghargaan ini menjadi langkah dan bukti komitmen PT PLN Nusantara Power UPDK Minahasa dalam merespon kondisi global terkait perubahan iklim.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *