oleh

Marquez Sukses Jalani Operasi Lengan Kanan Usai Uji Coba di Valencia

Barometer.co.id-Manado. Pembalap Gresini Racing Marc Marquez mengungkapkan sukses menjalani operasi pompa lengan (arm pump) kanannya, tepat setelah ia melakoni sesi uji coba jelang MotoGP 2024 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, beberapa waktu lalu.

“Pada paruh kedua musim ini, saya menderita sindrom kompartemen (compartment syndrome) di lengan kanan saya. Kami memecahkan masalah ini bersama dokter Ignacio Roger de Oña dan tim mereka agar siap menghadapi tahun 2024!” ungkap Marquez, dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Minggu.

Adapun sindrom kompartemen ini merupakan kondisi yang menyakitkan dan berbahaya yang disebabkan oleh peningkatan tekanan akibat pendarahan internal atau pembengkakan jaringan.

Tekanan tersebut menurunkan aliran darah, menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan oleh otot dan saraf.

Gejala yang dialami oleh penderita sindrom ini antara lain nyeri yang begitu hebat, sensasi kesemutan, dan menurunnya kekuatan di area tubuh yang terkena sindrom.

Ini bukanlah operasi pertama yang dilakoni oleh Marquez sepanjang 2023. Pada April, Marquez terlibat kecelakaan dengan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) pada Grand Prix pembuka musim di Portugal dan menyebabkan ia mengalami patah tulang dengan proses pemulihan serta rehabilitasi yang cukup memakan waktu.

Hal itu membuatnya melewatkan beberapa grand prix musim ini serta penampilannya yang tidak maksimal menyusul seringnya ia terjatuh (crash) dari atas motor.

Baru-baru ini, pada grand prix penutup di Valencia, Marquez terlibat kontak dan terjatuh bersama salah satu kandidat juara dunia MotoGP 2023 Jorge Martin pada lap-lap awal balapan.

Di sisi lain, Marquez pun berharap ia bisa tampil lebih bugar bersama Gresini Racing pada tahun mendatang. Hal itu menyusul Marquez yang terlihat senang dan nyaman di atas motor Ducati pada hari pertama uji coba di Valencia, akhir November.

Sementara itu, uji coba MotoGP 2024 kedua akan digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari 2024. Musim mendatang akan dibuka dengan putaran pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret 2024.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *