oleh

Pelatih: Uji Coba Timnas U-20 dengan Uzbekistan Dilakukan Dua Kali

Barometer.co.id-Jakarta. Pelatih Tim Nasional Indonesia U-20 Indra Sjafri menyebutkan uji coba Timnas U-20 dengan Uzbekistan direncanakan berlangsung dua kali jika uji coba dengan Thailand batal digelar.

Timnas U-20 direncanakan melakukan uji coba dengan Thailand pada 26 Januari 2024, sedangkan uji coba dengan Uzbekistan dijadwalkan digelar pada 30 Januari 2024.
“Dengan Thailand ini yang belum pasti. Kalau Thailand tidak mau, kami akan buat dua sesi uji coba dengan Uzbekiztan di tanggal 26 dan 30 itu,” ujar Indra saat ditemui seusai laga uji coba timnas U-20 melawan Bhayangkara FC di Jakarta, Sabtu.

Setelah dua laga uji coba tersebut, Indra akan mengembalikan para pemain Timnas U-20 ke klub masing-masing pada 1 Februari 2024 guna mempersiapkan diri untuk pertandingan Liga 1 yang rencananya akan dilanjutkan pada 30 Januari 2024.

Namun, jika belum terdapat persiapan Liga 1, jadwal pemusatan latihan (TC) para pemain di timnas U-20 akan diperpanjang.

Berbagai laga uji coba Timnas U-20 tersebut merupakan bagian dari TC untuk persiapan menembus Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Selain berencana melawan Thailand dan Uzbekistan, timnas U-20 juga telah menghadapi uji coba dengan Bhayangkara FC pada Sabtu yang berakhir dengan kekalahan Timnas dengan skor 2-1.

Sebelum melakukan uji coba dengan Bhayangkara FC, Indra yang juga Direktur Teknik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia tersebut mengungkapkan para pemain Timnas U-20 telah mengikuti latihan perdana di Lapangan Aspire Academy 2, Doha, Qatar, pada akhir Desember tahun lalu.

Latihan perdana tersebut diikuti oleh 26 pemain dengan sesi latihan digelar pada sore hari selama 1,5 jam. Dari TC pertama itu, hampir 30 persen dari 26 pemain keluar di mana sebanyak 6 orang dipulangkan ke klub asalnya.

Tak hanya laga uji coba, terdapat pula berbagai macam tes medis yang dilakukan dalam TC. Dari hasil tes medis tersebut, sebanyak dua pemain tidak lolos akibat terjangkit malaria, masalah kesehatan gigi, hingga kulit.

Dengan demikian, lanjut dia, tim pelatih pun hanya memanggil kembali 14 pemain terpilih untuk mengikuti TC tahap kedua, yakni uji coba melawan Bhayangkara FC guna menggali informasi sebanyak mungkin tentang pemain, baik informasi teknis dan lainnya. Usai uji coba melawan The Guardian, Indra akan berdiskusi dengan tim pelatih berapa pemain yang akan dipanggil kembali ke timnas U-20 maupun yang akan dipulangkan.

“Ini semua dilakukan supaya nanti pemain-pemain yang kami pilih informasinya benar-benar akurat dan kami tidak salah pilih,” tuturnya.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *