Bandara Dhoho Kediri Layani Penerbangan Komersial Reguler

Barometer.co.id-Kediri. Citilink Indonesia menjadi maskapai penerbangan pertama yang beroperasi di Bandara Dhoho Kediri. Hal tersebut ditandai dengan penerbangan perdana atau inaugural flight pesawat Citilink dari Bandara Soekarno-Hatta dan mendarat di Bandara Dhoho Kediri pada Jumat (5/2) pada pukul 09.40 WIB.

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG752 mengangkut 175 penumpang. Dikutip dari jadwal penerbangan, Citilink akan mengoperasikan 2 penerbangan dalam sepekan, yakni setiap Selasa dan Sabtu.

Bandara Dhoho Kediri dioperasikan oleh Angkasa Pura 1 sejak 29 Maret 2023 berdasarkan Kerja Sama Operasi (KSO) antara AP1 dengan PT Surya Dhoho Investama (PT SDHI).

Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney AIrports) yang hadir pada saat inaugural flight menyambut baik penerbangan perdana tersebut. “Hari ini menjadi momen bersejarah bagi Bandara Dhoho Kediri yang untuk pertama kalinya melayani penerbangan komersial berjadwal oleh Citilink Indonesia. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kediri, PT SDHI, dan tentunya Citilink Indonesia atas sinergi dan kerjasama yang telah  terjalin dengan baik hingga hari ini,” ujar Faik Fahmi.

Faik Fahmi optimistis dengan beroperasinya penerbangan ini akan diikuti oleh maskapai penerbangan lainnya, sehingga akan dapat memberikan multiplier effect terhadap pengembangan perekonomian dan pariwisata di Kediri khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

“Sebagai operator bandara, AP1 memastikan kesiapan SDM, standar keamanan dan keselamatan penerbangan, serta fasilitas pendukung kegiatan operasi pesawat udara untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara,” tutup Faik.

Bandara Dhoho Kediri merupakan bandara modern yang dilengkapi dengan infrastruktur penunjang seperti runway dengan dimensi 3.300 m x 45 m yang mampu melayani pesawat berbadan besar ( wide body ) Boeing 777-300ER, terminal penumpang seluas 28.000 m2 berkapasitas 1,5 juta penumpang/tahun, apron komersial dengan kapasitas 12 pesawat narrow body dan 3 wide body , serta apron VIP dengan kapasitas 4 small aircraft /1 narrow body.(jou)