Hadapi PON XXI/2024, Pencak Silat Optimalkan Dua Atlet Putri

Barometer.co.id-Manado. Cabang Olahraga Pencak Silat Sulawesi Utara akan tampil di PON XXI/2024 hanya dengan dua orang atlet putri. Kedua pesilat putri berhasil mendapatkan tiket usai meraih medali pada pelaksanaan Babak Kualifikasi PON XXI yang berlangsung di Kota Solo, Jawa Tengah, 2023 lalu.

Lolosnya Atlilia Ivana Elaine Mamusung dan Clayry Anggeini Kandouw mampu menyelamatkan wajah Pengprov IPSI Sulut yang kala itu harus berhadapan dengan sejumlah regulasi baru termasuk aturan-aturan pertandingan, yang masih belum tersosialisasi secara sempurna bagi para pelatih dan atlet-atlet yang dibina di tingkat kabupaten kota.

Meski hanya meloloskan dua orang atlet, Ketua Umum Pengprov IPSI Sulut, Drs Pontowuisang Kakauhe, tetap memiliki optimisme ketika keduanya bertanding di PON XXI/2022, yang dijadwalkan berlangsung di Deli Serdang Sumatera Utara, 15-19 September 2024 mendatang. Lewat peran pelatih Josua Sombang, IPSI Sulut memiliki optimisme karena kedua atlet juga punya tekad yang sama dengan jajaran pengurus.

Karena atletnya sangat bersemangat dalam persiapan menghadapi PON membuat Pontowuisang Kakauhe, sebagai Ketua Umum IPSI Sulut juga tak segan untuk memberikan support penuh dalam persiapan. Salah satu contoh adalah ketika kedua atlet didampingi pelatih diberikan kesempatan untuk mengikuti ajang latih tanding dengan pesilat PON DKI Jakarta, Jatim, Lampung serta Vietnam di Jakarta baru-baru ini.

Hasil ujitanding dengan para pesilat luar Sulut di Jakarta tentunya memberikan bekal mental bagi Atilia Mamusung dan Clayry Kandouw. Apalagi, keduanya melakukan ujitanding dengan pesilat di luar kelas yang nantinya mereka tekuni di PON. Pelatih Josua Sombang memberikan apresiasi menyaksikan hasil ujitanding meski ia mengakui masih ada sejumlah kekurangan yang perlu dibenahi.

Meski masih ada sejumlah keraguan terkait peluang Atilia dan Clayry, tapi setidaknya hasil medali perak di BK PON memberikan gambaran bahwa keduanya memiliki kemampuan untuk bersaing di level nasional. Apalagi, saat BK PON, Atilia dan Clayry bisa bersaing dengan lawan-lawannya.

Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw memberikan support penuh kepada seluruh atlet yang akan berjuang di PON XXI/2024. Melalui SATGAS PON, Steven Kandouw terus memotivasi para atlet yang tengah mempersiapkan diri menghadapi pesta olahraga paling akbar di Bumi Nusantara.(dni)