Ibadah Bersama Awali Pembukaan Festival Anak Sinode GMIM Tahun 2024 di Tomohon

Barometer.co.id – Tomohon

Pelaksanaan Festival Anak Sinode (FAS) GMIM tahun 2024 merupakan sebuah perhelatan 5 tahunan KPA Sinode GMIM. Adapun pelaksanaan kali ini berlangsung di wilayah Kakaskasen, Kota Tomohon.

Di mana, kegiatan akbar bagi anak-anak sekolah Minggu GMIM ini dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu (28-29 Juni 2024) dengan mengambil lokasi di tujuh jemaat se-Wilayah Kakaskasen.

Selanjutnya pembukaan kegiatan dengan mengambil Tema: “Anak-anak Tuhan, Bergembiralah!”, diawali dengan ibadah bersama bertempat di Aula Bukit Inspirasi Tomohon dengan Khadim Sekretaris Umum BPMS GMIM Pdt Dr Evert Tangel MPdK sekaligus membuka kegiatan Festival Anak Sinode (FAS) GMIM tahun 2024.

Kata Pdt Dr Evert Tangel MPdK, kegiatan ini merupakan bagian dari momentum pengajaran iman Kristen bagi anak-anak sekolah Minggu

“Mari jadikan anak-anak sekolah minggu sebagai anak-anak gereja dikemudian hari. Mereka tentu harus dibekali dan memperoleh pengajaran yang baik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Ketua Panitia FAS GMIM Tahun 2024 Pnt Febry HJ Dien ST MInf(Man) yang juga menjabat sebagai Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Utara Kemendikbudristek dalam laporan panitia pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan kali ini mendapat perhatian yang sangat besar dari banyak jemaat sehingga sejak awal diumumkan berjalan sangat dinamis.

Adapun menjadi tema Kegiatan : Anak-anak Tuhan Bergembiralah! (Maz 98:4) menjadi inspirasi bagi panitia untuk menyatakan bahwa lomba yang dilaksanakan adalah untuk Kemuliaan Nama Tuhan dengan membuat anak-anak bersukacita dan bergembira. Hal ini untuk merubah paradigma lomba yang kompetitif dan bersaing tidak sehat untuk anak-anak.

“Jadi, lomba ini untuk anak-anak, bukan lomba untuk para Penatua KPA beserta Tim Kerjanya seperti yang selama ini terjadi,” tukas Febry yang juga selaku Ketua Pokja Diklat PKB Sinode GMIM.

Di mana, tentu perlu edukasi bagi para guru-guru Sekolah Minggu untuk mendidik anak secara “kasih” bukan dengan pemaksaan yang berakibat pada mental bersaing anak yang negatif.

“Semua peserta dalam kegiatan akan mendapatkan penghargaan keikutsertaan berupa e-sertifikat yang dapat dicetak,” ujar Febry yang juga merupakan Ketua PKB GMIM Kakaskasen Maranatha.

Ditambahkannya lagi, selama akhir pekan, Kota Tomohon bakal dikunjungi banyak peserta FAS GMIM tahun 2024.

“Peserta yang terdaftar saja ada 597 anak,” tukasnya

Tentu mereka tak datang sendiri-sendiri. Banyak pengikut tang bakal mendampingi termasuk orangtua ataupun kerabat.

“Kami perkirakan sekitar 19 ribuan peserta berikut pendamping dan anggota jemaat yang bakal mendatangi Kota Tomohon,” sebut Febry yang pernah dipercayakan sebagai Ketua PKB Wilayah Kakasaksen, Rayon Tomohon (Periode 2019-2022).

Adapun beberapa lomba yang akan dilaksanakan dalam kegiatan ini diantaranya paduan suara big seri A, Paduan suara big seri B, paduan suara small seri A, paduan suara small seri B, vokal grup, bina vokalia anak kecil, bina vokalia anak besar, lagu dan gerak, pidato bahasa Inggris, baca Mazmur, maengket, masamper, kolintang dan gerak jalan.(eau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *