Polda Sulut Gelar Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kairagi untuk Sambut Hari Bhayangkara ke-78

Barometer.co.id, Manado — Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kairagi, Manado. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Yudhiawan, didampingi Ketua Bhayangkari Yunita Yudhiawan dan Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi dan dihadiri oleh jajaran PJU Polda Sulut, Kamis (27/06/2024) Pagi.

Usai melakukan tabur bunga di Makam TMP Kairagi, Kapolda dan rombongan PJU kemudian menuju ke Kota Bitung untuk melaksanakan tabur bunga di laut selat Lembe menggunakan kapal Dit Polairud (KP) Baladewa.

Upacara tabur bunga ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Bhayangkara yang jatuh pada tanggal 1 Juli. Kegiatan ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menjaga keamanan negara.

Kapolda Sulut, Irjen Pol Yudhiawan menyampaikan bahwa tabur bunga dalam rangka Hari Bhayangkara merupakan wajib dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan.

“Dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78, ada rangkaian kegiatan yang memenag sudah disiapkan baik Mabes Polri maupun Polda Sulut memang wajib untuk dilaksanakan yaitu tabur bunga baik di Taman Makam Pahlawan maupun tabur bunga di laut,” ujar Irjen Pol Yudhiawan kepada wartawan, Kamis (27/06).

Lanjut Kapolda, tabur bunga ini merupakan wujud penghormatan dan rasa terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa dan negara.

“Karena untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, berkorban demi nusa dan bangsa untuk dirinya, keluarganya, agamanya. Kita sebagai generasi penerus wajib hukumnya untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan,” ucapnya

Menurutnya, makna tabur bunga ini untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

“Maknanya adalah kita sebagai generasi muda harus meneruskan perjuangan para pahlawan melalui bidang profesi masing-masing untuk kepentingan negara kesatuan Republik Indonesia,” jelas Irjen Pol Yudhiawan.

Selain upacara tabur bunga, Polda Sulut juga telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan untuk menyambut Hari Bhayangkara, seperti bakti sosial, bakti kesehatan, donor darah, dan kegiatan kemanusiaan lainnya. Semua kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Polri dan masyarakat serta menegaskan komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sulawesi Utara.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 ini juga menjadi momentum bagi Polda Sulut untuk merefleksikan tugas dan tanggung jawab sebagai aparat penegak hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *