Barometer.co.id-Manado. Sebagai pengguna sepeda motor ataupun komunitas Honda, dalam berkendara sehari-hari haruslah memperhatikan lampu indikator. Salah satu indikator yang ada pada panel meter adalah lampu indikator suhu mesin. Indikator ini berfungsi untuk memberikan informasi suhu mesin kepada pengendara. Dalam menjalankan fungsi tersebut, komponen ini umumnya dilengkapi dengan sensor suhu yang terhubung ke mesin.

Lampu indikator ini akan menyala ketika suhu mesin melebihi batas ideal yang ditetapkan oleh pabrikan atau over heat. Penyebabnya beragam, mulai dari cairan pendingin pada radiator berkurang atau habis, hingga sensor suhu mesin yang bermasalah.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh bikers ketika lampu indikator suhu mesin menyala :

  1. Matikan Mesin
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera matikan mesin motor. Biarkan mesin motor dalam keadaan mati selama beberapa saat untuk menurunkan suhu mesin yang terlalu tinggi. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
  2. Periksa Kondisi Selang Radiator
    Setelah suhu mesin mulai turun, periksalah kondisi selang radiator dan radiotornya. Perhatikan dengan seksama, apakah ada kebocoran pada selang atau dinding radiatornya.
    Jika ditemukan adanya kebocoran pada selang atau radiatornya, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  3. Periksa Volume Cairan Pendingin
    Periksa volume cairan pendingin pada reservoir dan radiatornya. Pastikan bahwa cairan radiator pada tabung reservoir berada pada level yang cukup sesuai dengan petunjuk pada tangki atau buku manual motor.
    Jika volume cairan pada tabung reservoir berada di bawah batas minimum, tambah cairan pendingin hingga batas maksimumnya. Perlu diperhatikan juga, gunakan carian pendidingin sesuai dengan rekomendisi pabrikan.
  4. Bawa ke Bengkel Resmi
    Jika lampu indikator tetap menyela setelah mesin motor kembali dihidupkan, segeralah bawa sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan secara menyeluruh.

“Sebelum berkendara jangan lupa #Cari_Aman, gunakan perlengkapan berkendara dan jangan lupa untuk mengecek kendaraan seperti lampu indicator motor Honda anda”, ujar Ridwan Suwandie, Technical Service Dept. Head PT. DAW.(jou)