Barometer.co.id-Manado. Polda Sulawesi Utara (Sulut) mengajak masyarakat di wilayah tersebut untuk menciptakan Pilkada serentak 2024 yang aman dan damai.

“Mari kita ciptakan Pilkada aman dan damai di Sulut, jangan mudah percaya berita hoaks maupun berita bohong,” kata Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan melalui Karo Ops Polda Sulut Kombes Pol Mugi Sekar Jaya, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan Polda Sulut sudah siap melaksanakan pengamanan semua tahapan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Polda Sulut akan melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak 2024, melalui Operasi Mantap Praja Samrat 2024. Kita sudah membuat rencana operasi (Renops) pengamanan untuk semua tahapan Pilkada,” katanya.

Personel Polri, baik yang ada di Polda Sulut maupun di Polres, Polresta jajaran akan melekat pada semua tahapan Pilkada.

“Polda Sulut juga sudah menyiapkan peralatan dan berbagai sarana pendukung, termasuk menggelar pelatihan dan simulasi Sispamkota sebagai bagian dari pengamanan Pilkada,” katanya.

Ia juga mengapresiasi kedewasaan berdemokrasi yang terjadi di daerah tersebut.

Jelang Pilpres 2024 lalu, Sulawesi Utara dikategorikan sebagai daerah nomor 2 paling rawan dalam Pemilu.

Tapi berkat kerja sama semua stakeholder terkait dan peran serta semua pihak termasuk masyarakat, image daerah rawan dapat diubah menjadi daerah yang kurang rawan.

“Dan saat ini menduduki peringkat 26 daerah yang kurang rawan, berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP),” katanya.

Ia berharap prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.(ANTARA)