Barometer.co.id-Medan. Cabang Olahraga Balap Sepeda, Minggu (01/09) tiba di Medan Sumatera Utara. Sebelumnya dua atlet Balap Motor Sulut sudah terlebih dahulu berada di Medan sejak sepekan lalu guna melakoni persiapan menjelang tampil di PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Tim Balap Sepeda yang ditopang penuh oleh Ketua Umum Pengprov ISSI Sulawesi Utara, Revino Pepah, yang juga adalah Dirut Bank SulutGo, bertolak ke Medan setelah sebelumnya menjalani latihan sekaligus try out di Surabaya Jawa Timur.

Informasi dari Pelatih Tim Balap Sepeda Sulut, Ferry Palar, para atlet terlebih dahulu akan menjajal arena lomba di Medan sebelum pelaksanaan PON XXI/2024. “Seharusnya sesuai jadwal Balap Sepeda baru bisa masuk asrama tanggal 7 September 2024, tapi untuk penyesuaian venue kami berangkat lebih awal ke Medan,” ucap Palar.

Cabor Balap Sepeda Sulut akan terfokus pada nomor road race dengan mengambil lokasi di Jalan Lintas Serdang Bedagai Parapat Sumatera Utara. Tiga atlet masing masing satu putri dan dua putra telah melakukan sejumlah try out sejak awal tahun ini di sejumlah lokasi Provinsi Jawa Timur seperti Sidoarjo, Probolinggo hingga ke gunung Bromo.

Selain itu, sejumlah iven juga sudah diikuti Jireh Waleleng, Kenzo Kimi Manoppo dan Alphinstar Worotitjan. Terakhir, pertengahan bulan Agustus 2024 mereka mengikuti iven yang dilaksanakan di Sulut sebelum kembali lagi ke Jawa Timur dan melanjutkan program persiapan PON XXI di Medan Sumatera Utara.

Soal peluang, Ferry Palar mengaku dari tiga atlet yang telah disiapkan Pengprov ISSI Sulut, seluruhnya punya kans yang sama untuk bisa mencuri medali. Apalagi, melihat kondisi mereka selama try out baik di Sulut maupun di Jawa Timur. “Ketiga atlet kita punya kans untuk meraih medali di PON nanti,” ujarnya.

Seperti diketahui, Jireh Waleleng, satu satunya atlet putri Sulut akan turun di tiga nomor yakni Criterium, Individual Time Trial 40 Km dan Individual Road Race 100 Km. Sementara Kenzo Kimi Manoppo dan Alphinstar Worotitjan akan turun di nomor Individual Road Race 100 Km, Individual Time Trial 40 Km dan Time Time Trial 80 Km.(dni)