Barometer.co.id-Manado. PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado membuka rute internasional baru ke Kota Kinabalu, Malaysia, Minggu (01/09/24). Rute ini akan dilayani tiga kali seminggu oleh maskapai AirAsia.

Pada penerbangan perdana, Minggu, pesawat Airbus A320 dengan nomor penerbangan AK1797 berangkat dari Bandara Internasional Kota Kinabalu Malaysia jam 08.50 Waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi pada pukul 11.00 WITA. Selanjutnya penerbangan dari Manado ke Kota Kinabalu pada pukul 12.05 wita,. Kedatangan perdana pesawat ini disambut dengan water salute yg merupakan tradisi penyambutan pesawat yang mendarat untuk pertama kalinya di Bandara.

Pada penerbangan perdana ini, AirAsia membawa 100 penumpang dari Kota Kinabalu dan dari Manado dengan nomor penerbangan AK1798 membawa 120 Penumpang ke Kota Kinabalu.

PGS GM PT AP I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Rizal Aries Laksono mengatakan bahwa perkembangan trafik angkutan udara di Bandara Sam Ratulangi Manado paskamasa pandemi menunjukkan tren meningkat. Di mana dibandingkan tahun sebelumnya, trafik penerbangan internasional sampai bulan Juli tahun 2024 mencatat pertumbuhan yang sangat positif yaitu pergerakan pesawat khusus internasional sebesar 32 persen, penumpang sebesar 33 persen dan kargo sebesar 40 persen.

“Harapannya dengan dibukannya kembali penerbangan Internasional AirAsia ini akan membuka konektivitas penerbangan Internasional di Indonesia melalui Manado dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta pariwisata kedepannya,” katanya.

Dato Captain FarehMazputra, Managing Director of AirAsia Malaysia yang ikut hadi juga dalam sambutannya menyampaikan dengan penambahan rute ini mereka berharap dapat mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di kedua kota yaitu Manado dan Kinabalu serta memberikan kontribusi positif bagi hubungan Indonesia dan Malaysia. Rute ini juga sekaligus memperkuat jaringan Internasional AirAsia dari kota Kinabalu yang akan mengoperasikan total 13 rute Internasional dengan 83 penerbangan mingguan mulai September 2024.

“Kami sangat menyambut baik adanya konektivitas baru ini yang akan meningkatkan arus wisatawan dan investor ke daerah kami dan semoga penerbangan ini dapat mempererat hubungan antara Sulawesi Utara dan Malaysia serta bisa terhubung juga ke negara negara lainnya,” kata Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Propinsi Sulut Steve Kapel.

Rencananya AirAsia akan terbang ke Kinabalu Malaysia seminggu 3 kali dari Bandara Sam Ratulangi Manado setiap hari Senin, Jumat dan Minggu.(jou)