Barometer.co.id-Manado. Komando Distrik Militer (Kodim) 1312/Talaud mengasah kemampuan menembak personel melalui kegiatan latihan menembak senjata ringan (Latbak Jatri), di lapangan tembak Lenal Melanguane, Desa Mala Kabupaten Talaud, Senin (09/09/24).

Pasi Ops Kodim 1312/Talaud Kapten Kav Hendra B.Y Welan mewakili Komandan Kodim 1312/Talaud, mengatakan latihan menembak tersebut merupakan program semester II Tahun Anggaran 2024 yang harus dilakukan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menembak.

Walaupun sehari sehari-hari para prajurit Kodim 1312/Talaud berbaur dengan masyarakat yang memiliki tugas pembinaan teritorial, tetapi sebagai prajurit, mereka dituntut tidak lupa terhadap kemampuan dasar prajurit.

“Mudah-mudahan dengan latihan ini kemampuan menembak prajurit Kodim 1312/Talaud dapat terpelihara,” katanya.

Ia juga berharap kepada setiap prajurit yang akan melaksanakan menembak dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, gunakan kesempatan latihan ini dengan maksimal agar ketrampilan dalam menembak benar-banar meningkat sesuai yang diharapkan.

Ia juga menyampaikan penekanan Dandim kepada seluruh personel yang melaksanakan latihan menembak maupun penyelenggara, agar selalu menjaga faktor keamanan.

“Keberhasilan suatu latihan atau kegiatan manakala kegiatan dapat mencapai sasaran atau tujuan serta terselenggara sesuai tahapan dalam manajemen latihan,” katanya.

Kegiatan dilaksanakan di lapangan tembak Lenal Melonguane, Desa Mala Kecamatan Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud, diikuti seluruh personel militer Kodim 1312/Talaud, dan dilaksanakan selama dua hari.

Sebelum melaksanakan latihan menembak, terlebih dahulu dilakukan pengecekan personel dan materiil.

Terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaan menembak yang harus dilaksanakan setiap personil yakni daerah persiapan, titik berkumpul awal, pemeriksaan senjata awal, kedudukan menembak, pemeriksaan senjata akhir, dan titik berkumpul akhir.

Kegiatan latihan menembak senjata ringan ada tiga sikap yaitu sikap berdiri, duduk dan tiarap.(ANTARA)