Barometer.co.id-Manado. Sistem pengereman pada sepeda motor sangat erat kaitannya dengan keamanan dan keselamatan berkendara. Salah satu komponen penting pada sistem pengereman yang harus mendapat perhatian adalah kampas rem.

Saking pentingnya, produsen sepeda motor Honda memberi petunjuk kondisi kampas rem agar fungsi dan kinerja rem bisa tetap otimal. Dengan petunjuk tersebut, pengguna sepeda motor bisa mengetahui kondisi kampas rem tanpa harus membongkarnya.

Secara umum, sistem pengereman di sepeda motor Honda ada dua jenis, yaitu rem tromol dan rem cakram. Setiap jenis sistem rem ini memiliki cara pengecekan yang berbeda.

Berikut cara melakukan pengecekan kondisi kampas rem yang bisa Anda lakukan sendiri yang dilansir dari laman astra-honda.com :

  1. Cek Kampas rem Tromol
    Rem tromol biasanya diaplikasikan di roda belakang sepeda motor bermesin kecil atau di bawah 150cc. Pengguna sepeda motor Honda bisa melakukan pengecekan kondisi kampas rem dengan melihat petunjuk pada panel rem.
    Ketika rem belakang digunakan secara penuh, penanda pada lengan rem akan bergerak menuju tanda pada panel rem. Jika penanda di lengan rem telah bertepatan pada penunjuk, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa kampas rem sudah habis dan harus segera diganti.
  2. Cek Kampas Rem Cakram
    Jenis rem cakram umumnya digunakan di roda depan sepeda motor, meski saat ini banyak juga diaplikasikan di roda belakang pada sepeda motor Honda bermesin 150cc ke atas.

Mengetahui ketebalan kampas rem pada rem cakram lebih mudah dibanding rem teromol, karena pemilik sepeda motor bisa melihat langsung ketebalan kampasnya. Meski begitu, Honda tetap memberi petunjuk kondisinya dengan indikator keusan kampas guna memastikan keamanan dan keselamatan pengendara.

Pada kampas rem cakram, terdapat tanda yang menunjukkan seberapa tebal kampas tersebut. Apabila kampas tersebut sudah aus atau habis, maka kampas rem akan rata dengan tanda tersebut.

Selain kampas rem, konsumen juga perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor secara menyeluruh agar berkendara menjadi aman dan nyaman. Bila kampas rem Anda sudah habis, datang ke AHASS, Servis Pasti Dari Yang Ahli, ujar Ridwan Suwandie, Technical Service Dept. Head PT. DAW.(jou)