Barometer.co.id-Manado. Pengguna MyGraPARI yang merupakan mesin layanan mandiri atau self service di GraPARI Manado Megamas mencapai 2.000 hingga 3.000 transaksi setiap bulan.
“Jenis transaksi yang dilakukan di MyGraPARI bermacam-macam. Mulai dari isi pulsa, membayar tagihan Telkomsel Halo hingga mengganti kartu, baik karena hilang, rusak ataupun upgrade ke 4G. Transaksi terbanyak adalah isi pulsa,” kata Team Leader GraPARI Manado Megamas, Nivensia Sumampow kepada barometer.co.id, Jumat (28/03/25).
Salah satu dari tiga mesin MyGraPARI yang ada di GraPARI Manado menurut Nivensia yakni dapat melayani pendaftaran IMEI handphone bagi orang asing yang ingin menggunakan kartu Telkomsel. “Orang asing yang ingin menggunakan kartu Telkomsel cukup mendaftarkan IMEI Handphone nya melalui MyGraPARI sehingga dapat menggunakan kartu Telkomsel,” ujar Nivensia.

Kehadiran MyGraPARI menurutnya sangat membantu pelanggan yang membutuhkan layanan cepat, tanpa harus ke Customer Service. Adanya MyGraPARI juga menurutnya membuat pelayanan kepada konsumen melalui Customer Service berkurang.
“Setiap bulannya pengguna MyGraPARI di GraPARI Manado mencapai 3.000 transaksi. Sedangkan pelayanan di Customer Servis berkisar 1.800 hingga 2.000 pelanggan setiap bulannya. Pelayanan di Customer Service berkurang, karena sebagian sudah memanfaatkan MyGraPARI tanpa perlu ke Customer Service,” katanya.
Apalagi MyGraPARI di GraPARI Manado Megamas buka 24 jam sehingga tidak terbatas jam kerja dan dapat diakses kapan saja. Selain di GraPARI Manado Megamas, MyGraPARI juga tersedia di GraPARI Sam Ratulangi Manado, GraPARI Airmadidi, GraPARI Tomohon serta GraPARI Amurang namun hanya pada jam kerja.(jou)