Barometer.co.id-Manado. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, Telkomsel menyediakan beragam kanal pelayanan konsumen. Mulai dari USSD menu browser, pelayanan tatap muka di GraPARI hingga Aplikasi MyTelkomsel.
Kanal layanan pelanggan lainnya yang disediakan Telkomsel adalah MyTelkomsel, Mitra Telkomsel, Virtual Asisten dan Call Center. Arief Hidayatus Sefian, GM Customer Care Retention Telkomsel Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan) mengatakan, beragam layanan tersebut tidak lain untuk membuat pelanggan happy.
Pelanggan Telkomsel pun dapat memilih layanan sesuai dengan kebutuhannya. “Jika hanya untuk keperluan membeli pulsa, atau membayar tagihan kartu halo hingga IndiHome bisa dilakukan melalui MyTelkomsel. Atau bisa juga berkunjung ke GraPARI ataupun memanfaatkan MyGraPARI,” katanya.
Arief mengatakan, untuk menjangkau masyarakat luas, Telkomsel memiliki lebih dari 458 GraPARI di seluruh Indonesia. Sedangkan khusus di area Pamasuka, yakni Papua, Maluku, Sulawesi dan Kallimantan terdapat setidaknya 140 gerai GraPARI.
“Semua kebutuhan pelanggan dapat dilayani di GraPARI. Oleh sebab itu, secara nasional jumlah customer service di GraPARI mencapai lebih dari 3.000 orang. dan khsusu di Area Pamasuka, jumlah customer service mencapai 658 orang,” kata Arief.
Seluruh customer service Telkomsel menurut Arief memiliki knowledge yang sama di seluruh Indonesia. “Secara rutin kami mengupgrade knowledge customer service agar dapat memberikan informasi dan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan,” katanya.
Namun seiring kemajuan teknologi digital saat ini, ada beberapa layanan yang tadinya harus melalui customer service, kini bisa dilakukan melalui mesin, seperti MyGraPARI. Lewat MyGraPARI yang kini sudah banyak tersebar di lokas-lokasi strategis, pelanggan dapat melakukan penggantian kartu 4G. Wisatawan asing yang ingin mendaftarkan IMEI handphone nya agar bisa digunakan di Indonesia juga dapat melakukannya lewat MyGraPARI.
“Hal ini dimungkinkan karena MyGraPARI telah dilengkapi dengan KTP reader dan fingger. Wisatawan yang ingin mendaftarkan IMEI, juga cukup memindai paspornya di MyGraPARI yang menyediakan layanan ini,” jelas Arief.
Selain penggantian kartu, MyGraPARI juga melayani pembelian paket, membayar tagihan kartu Halo dan tagihan indiHome hingga perbaikan data pribadi. Di beberapa tempat, MyGraPARI beroperasi 24 jam sehingga bisa dimanfaatkan kapan saja oleh pelanggan.
Layanan lainnya yang disediakan Telkomsel untuk membuat pelanggan Happy adalah MyTelkomsel yang kini telah menjadi SuperAPP. Sebab melalui MyTelkomsel, semua bisa dilakukan, seperti berbelanja di e-commerce, membayar berbagai tagihan, hingga melakukan komplain.
“Mengganti atau menguprade paket langganan juga bisa dilakukan melalui MyTelkomsel. Termasuk membeli paket data tambahan bisa dilakukan melalui MyTelkomsel. Jenis pembayaran yang diterima MyTelkomsel juga beragam sehingga akan memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi,” jelas Arief.
Ia mengatakan, Telkomsel juga menyediakan layanan virtual asisten yang dapat diakses melalui MyTelkomsel, serta berbagai chanel seperti Line, Messenger, Telegram, WA hingga Web. Melalui virtual asisten ini, pelanggan bisa melaporkan gangguan, berlangganan paket Telkomsel, update paket hingga mengganti alamat.
Pelanggan yang ingin berbicara langsung dengan customer service juga bisa menghubungi call center 188 serta nomor +62 811000033 untuk pelanggan di luar negeri. 188 melayani semua pelanggan Telkomsel, 24/7 atau 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Pelanggan Telkomsel yang menghubungi 188 tidak dikenakan biaya alias gratis, sedangkan di luar Telkomsel dikenakan tarif Rp300 setiap kali sambungan.
Arief mengatakan, untuk USSD menu browser menyediakan 7 menu UMB dengan beragam layanan Telkomsel. Layanan ini biasanya diawal dengan tanda ‘*’ kemudian tiga angka dan diakhiri tanda ‘#’. Namun menurut Arief, layanan tersebut sebenarnya sudah tersedia di MyTelkomsel. Namun bagi pelanggan yang masih ingin memanfaatkan layanan USSD menu browser masih bisa melakukannya.
Dengan beragamnya jenis layanan yang diberikan, pelanggan Telkosmel tinggal memilih sesuai dengan kebutuhannya. Telkomsel pun terus meningkatkan layanan untuk kepuasan pelanggan.(jou)