Barometer.co.id-Manado. Aplikasi MyTelkosmel super app kini hadir lebih lengkap. Bukan hanya sekedar untuk membeli paket data atau pulsa, namun MyTelkomsel kini menyediakan banyak fitur yang dibutuhkan oleh semua kalangan.

Mulai dari belanja online, membayar tagihan, membeli paket data, hiburan hingga program kesehatan kini bisa dilakukan di MyTelkomsel. Sejak 17 Juli 2024, MyTelkomsel memang telah dikembangankan menjadi super app yang memiliki banyak fitur yang dibutuhkan masyarakat.

Salah satu tujuan dari pengembangan MyTelkomsel ini adalah selain memberikan kemudahan kepada pelanggan, tetapi juga untuk meningkatkan interaksi antara Telkomsel dengan pelanggan.

Aldin Hasyim, GM Eksternal Corporate Communications Telkomsel mengatakan, Telkomsel ingin meningkatkan loyalitas pelanggan dengan MyTelkomsel super app. Sebab sebelumnya, pelanggan Telkomsel hanya menggunakan MyTelkomsel kalau ingin membeli paket data atau pulsa. Waktu yang dibutuhkan untuk itu hanya sebentar, dan itupun mungkin hanya dilakukan sekali atau dua kali dalam sebulan.

“Hal inilah yang ingin ditingkatkan Telkomsel dengan menyediakan banyak fitur di MyTelkomsel super app sehingga pelanggan bisa berinteraksi dengan MyTelkomsel lebih lama lagi,” kata Aldin pada media update, Rabu (18/09/24).

Godo Intan selaku General Manager Mobile Segment GTM Telkomsel Area Pamasuka pada kesempatan yang sama mengatakan, fitur di MyTelkomsel di antaranya, mengecek sisa paket secara real time, belanja berbagai kebutuhan, bermain games, menonton atau mendengarkan musik, hingga membayar berbagai jenis tagihan. “Melalui MyTelkomsel, pelanggan bisa memesan hotel, membeli tiket pesawat atau berbelanja berbagai keperluan,” kata Godo.

MyTelkomsel juga menyediakan fitur untuk membayar berbagai tagihan. “Membayar tagihan BPJS, PLN, termasuk iuran IndiHome serta tagihan lainnya juga bisa dilakukan di MyTelkomsel. Bahkan bisa diatur untuk membayar sekaligus sehingga tidak ada yang terlewat,” jelas Godo.

Pelanggan juga bisa melakukan pembelian semua produk Telkomsel, seperti IndiHome, Orbit, atau paket pra bayar dan Telkomsel Halo. “Pelanggan dapat masuk ke akun MyTelkomsel dengan menggunakan salah satu dari nomor produk Telkomsel mereka, sehingga memudahkan pelanggan,” ujar Godo.

Dengan banyaknya fitur di MyTelkomsel super app, maka pelanggan cukup menggunakan aplikasi ini untuk berbagai kebutuhan.

Telkomsel terus berkembang menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia. Pada Agustus 2024, pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia telah mencapai 162 juta. Sementara untuk area Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan (Pamasuka) pelanggan Telkomsel mencapai 33 juta. Dari jumlah tersebut, pelanggan yang menggunakan MyTelkomsel secara nasional tercatat 29 persen dari total pelanggan. Sedangkan di Area Pamasuka yang menggunakan MyTelkomsel 23 persen. “Pada Agustus 2024, pengguna MyTelkomsel di Area Pamasuka sebanyak 7,31 juta, tumbuh 9,3 persen secara year on year dibanding Agustus 2023 yang baru 6,69 juta,” ujarnya.

Pelanggan Telkomsel terbanyak di Area Pamasuka ada di Sulawesi yakni sebanyak 16 juta, dan yang menggunakan MyTelkomsel 3 juta atau 19 persen. Selanjutnya di Kalimantan dengan jumlah pelanggan Telkomsel 12 juta namun pengguna MyTelkomsel mencapai 3,1 juta atau 27 persen dari jumlah pelanggan. Sementara di Papua dan Maluku, pelanggan Telkomsel sebanyak 4,5 juta dan pengguna MyTelkomsel 1,1 juta atau 23 persen dari total pelanggan.(jou)