Januari Bandara Sam Ratulangi Naik Kelas, Bisa Didarati Airbus A330-300

Barometer.co.id-Manado. Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado terus berbenah. Selain membangun perluasan terminal penumpang, Bandara Sam Ratulangi Manado pun mengupgrade fasilitas Pemadam Kebakaran, dari saat ini kategori 7 menjadi kateogri 8. Peningkatan ini membuat bandara Sam Ratulangi Manado dapat didarati oleh pesawat Airbus A330-300.

Minggus Gandeguai.

Selama ini, bandara Sam Ratulangi Manado baru bisa didarati oleh pesawat Airbus A330-200. General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai mengatakan, untuk menaikkan kategori Pemadam Kebakaran ini, pihaknya mendatangkan satu unit mobil Pemadam Kebakaran dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

“Mobil pemdam kebakaran tersebut saat ini sudah dalam perjalanan ke Manado. Setelah tiba di Manado, mobil tersebut nantinya akan diverifikasi oleh Dirjn Perhubungan Udara untuk menilai kelayakannya. Diharapkan Januari 2022 kategori Pemadam Kebakaran ini sudah naik menjadi Kategori 8,” kata Minggus pada coffee morning dengan wartawan, Kamis (23/12).

Jika hasil verifikasi mobil pemadam kebakaran tersebut sudah keluar, Minggus mengatakan pihaknya akan segera mengajukan peningkatan kategori ke Dirjen Perhubungan Udara. “Jika statusnya sudah dinaikkan, nantinya pesawat Airbus A330 seri 300 sudah bisa mendarat di bandara Sam Ratulangi. Pesawat ini lebih besar dibanding A330 seri 200 yang selama ini sering digunakan Garuda Indonesia ke Manado. Rencananya ada dua maskapai yang akan menggunakan pesawat tersebut di Manado, yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air. Keduanya akan mengunakan pesawat tersebut untuk mengangkut kargo ke Jepang dan Cina,” ujar Minggus.(jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *