Barometer.co.id-Manado. Honda CRF telah dikenal tangguh melewati berbagai kondisi jalan, baik di aspal, berpasir, bebatuan dan tanah. Dan pada Sabtu (29/01) lalu, Komunitas dan pengguna Honda CRF di Sulawesi Utara berkesempatan menguji langsung di alam Minahasa.

Setidaknya, 17 pengguna Honda CRF serta Komunitas 22R Trail Adventure dan Komunitas Trail Adventure Sulawesi Utara (KTAS) diajak oleh PT. Daya Adicipta Wisesa (DAW) untuk mengikuti kegiatan ini.

“Para pengguna Honda CRF150L telah membuktikan ketangguhannya. Mereka berhasil menaklukkan berbagai kondisi jalan baik di bebatuan, berpasir hingga aspal,” kata PIC Honda Community PT DAW, Devis Wondal.

Jalur yang dilewati oleh peserta Jelajah Alam ini didominasi dengan kontur bebatuan serta tanah perbukitan yang cukup terjal, menjadi sangat menantang. Namun peserta dengan mudah melalui jalur tersebut tanpa kesulitan.

Ketangguhan Honda CRF 150L berkat mesin 150cc SOHC PGM-FI yang disematkan pada motor ini. Fitur terbaik seperti inverted front suspension di depan dengan diameter besar, ban dual purpose dan pelek ukuran besar, serta wavy disc brake, juga ada pada motor ini yang mendukung kemampuan jelajah optimal dengan nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

Jantung pacu berpendingin udara, dipadu transmisi 5-percepatan, menghasilkan tenaga maksimum 9,51 kW (12,91 PS) @8.000 rpm dan torsi maksimum 12,43 Nm (1,27 kgf.m) @6.500 rpm. Angka tersebut merepresentasikan torsi menjanjikan pada putaran bawah. Kendati demikian, konsumsi bahan bakar tetap sangat irit, mencapai 39,3 km/liter dengan standar EURO3 yang menggunakan metode pengetesan ECE R40.

Sementara itu, suspension cap berwarna emas tersemat pada varian Extreme Red dan Extreme Black. Di varian Extreme Green dan Extreme White, suspension cap menggunakan warna hitam. Suspensi belakang dilengkapi sistem Pro-link dengan jarak main (travel axle) 207mm demi pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi.

Di sektor ban, model ini dilengkapi pelek aluminium ukuran 21 inchi (depan) dan 18 inchi (belakang) yang ringan dengan kekuatan optimal. Lalu dibalut dengan ban dual purpose yang dapat diandalkan. Wavy disc brake-nya membuat New CRF150L menjanjikan pengereman optimal dengan diameter 240mm (depan) dan 220mm (belakang), paling besar di kelasnya.(jm)