Barometer.co.id-Manado. Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado merupakan satu dari sedikit bandara di Indonesia yang melayani penerbangan internasional saat ini. Dan pada bulan Januari 2022, jumlah penumpang internasional yang datang dan berangkat sebanyak 871 orang.

“Penumpang internasional di bandara Sam Ratulangi pada bulan Januari 2022 naik dua persen dibanding Januari 2021 yang sebanyak 854 orang,” kata Stakeholder Relation Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono.

Sementara jumlah pesawat internasional menurut Yanti sebanyak 36 pergerakan, lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 14 pergerakan pesawat. Namun untuk kargo mengalami penurunan yang besar yakni hanya 10.811 kg, sementara pada Januari 2021 sebanyak 61.014 kg.

Seperti diketahui, bandara Sam Ratulangi Manado memiliki penerbangan internasional berjadwal, yakni Manado-Singapura pp. Rute ini dilayani oleh Scoot Tigerair dua kali seminggu yakni setiap hari Rabu dan Jumat. Selain itu, ada juga penerbangan charter dari Malaysia dan Thailand dengan menggunakan maskapai Malindo Air dan Thai Lion Air. Maskapai Malaysia Airlines juga pernah beberapa kali datang ke bandara Sam Ratulangi.

Staf Stakeholder Relation Bandara Sam Ratulangi Manado, Chyntia mengatakan, penumpang reguler internasional yang menggunakan maskapai Scoot, saat ini sudah mulai banyak dibanding pada awal dibukanya rute ini.

“Saat ini rata-rata penumpang yang datang dari Singapura dengan menggunakan maskapai Scoot, 40 sampai 50 an penumpang pada setiap penerbangan. Mereka merupakan WNI maupun WNA,” katanya seraya menambahkan, untuk penumpang yang berangkat lebih sedikit dibanding yang datang.(jm)