Barometer.co.id-Manado. Jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 km sudah selesai 100 persen, menyusul rampungnya ruas Danowudu Bitung sepanjang 13,5 km. Pengoperasian jalan tol ini pun tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum.

“Saat ini pekerjaan jalan tol Manado Bitung sudah selesai 100 persen dan tinggal perapian saja,” kata Direktur Utama PT. Jasamarga Manado Bitung (JMB), Charles Lendra, Kamis (10/02/2022).

Sebelumnya, ruas Danowudu-Bitung sudah difungsionalkan pada masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 secara gratis. Namun setelah tahun baru, ruas Daonowudu Bitung kembali ditutup sampai saat ini. “Untuk pengoperasian secara penuh jalan tol Manado-Bitung ini kami masih menunggu keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum,” tambah Charles.

Jalan Tol Manado-Bitung ini sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada 29 September 2020 lalu. Saat itu, ruas tol yang dioperasikan adalah Manado Danowudu sepanjang 26,5 km dan digunakan sampai saat ini.

Jalan tol ini terintegrasi dengan KEK Bitung sehingga memudahkan akses ke Pelabuhan Bitung. Saat ini, trafik tol Manado Bitung baru 4.000 – 5.000 kendaraan  per hari. Masih jauh dari target 14.000 per hari. Namun jika ruas tol sudah dioperasikan seluruhnya dari Manado ke Bitung, trafik kendaraan diprediksi akan mengalami peningkatan.(jm)