oleh

Jokowi Sarungan saat Camping di Ibukota Nusantara

Barometer.co.id-Manado. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri bermalam di Ibukota Negara Nusantara (IKN), Selasa (14/03/22). Pada malam hari, Jokowi terlihat menggunakan jaket bermotif G20 dan sarung saat beraktivitas.

Dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat berbincang santai bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Presiden Joko Widodo duduk santai bersama beberapa menteri di IKN.

Dari video berdurasi 52 detik tersebut, Jokowi kemudian terlihat menuju tendanya untuk berisitirahat. Pada siang hari, Jokowi bersama beberapa menteri terlihat duduk santai dan berbincang-bincang di bawah rindangnya pohon IKN.

Sebelumnya pada pagi hari, Jokowi melakukan ritual Kendi Nusantara, yakni menyatukan tanah dan air dari 34 provinsi di tanah air yang dibawa oleh gubernur masing-masing.

“Kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuat cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai yaitu pembangunan Ibukota Nusantara,” kata Jokowi saat memberikan sambutan.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyerakan tanah kepada Presiden Joko Widodo.

“Kita tahu baru saja tadi, tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibukota Nusantara. Ini merpakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibukota Nusantara ini,” ujarnya.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyerahkan air kepada Presiden Joko Widodo.

Dari Sulut, tanah dan air dibawa langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey. Tanah dibawa dalam wadah pot yang terbuat dari tanah, sedangkan air dibawa dalam sebuah bambu. Tanah yang dibawa ke IKN tersebut diambil dari Watu Pinawetengan, sedangkan air dari Gunung Klabat.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *