oleh

Clean Up Day, Accor Hotels Manado Bersihkan Pantai Sario

Barometer.co.id-Manado. Untuk memperingati Earth day yang merupakan perayaan tahunan global, Accor Hotels di Wilayah Manado yakni Novotel Manado Golf Resort & Convention Center, Mercure Manado Tateli Resort and Convention, dan Ibis Manado City Center Boulevard, menggelar aksi bersih-bersih pada Rabu, 25 Mei 2022 di lokasi muara sungai sario.

General Manager Novotel Manado Golf Resort & Convention Center Bilal Chamsine mengatakan, “Kami memilih tempat ini karena Kota Manado terkenal dengan keindahan lautnya. Tetapi bisa kita lihat bersama, di sini masih banyak sampah,” kata Bilal di sela-sela kegiatan.

Ia mengatakan, saat ini Accor hotels mengampanyekan #AccorEarthDay #NoMorePlasticHere. Kegiatan ini merupakan langkah dari Accor Hotels yang berada di Kota Manado untuk mengadakan aksi bersih-bersih ini, dan untuk mengajak seluruh individu, komunitas, praktisi bisnis, pemerintah dan semua orang untuk bertanggung jawab, dan meningkatkan kesadaran lingkungan serta menjaga kebersihan laut yang ada di Kota Manado. Hal ini demi kelanjutan hidup terhadap bumi yang kita tinggali bersama, karena Bumi adalah milik kita bersama, mari Jaga Bumi Bersih dan Hijau.

“Kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dapat dimulai dengan hal kecil seperti tidak membuang sampah plastik dan sampah lainnya yang tidak bisa terurai di laut dan di sungai,” ujar Rispugi Listanto selaku General Manager Ibis Manado City Center Boulevard.

General Manager Mercure Manado Tateli Resort and Convention Sigit Budiarso menambahkan, “Salah satu program dari Accor Hotels adalah tidak lagi menggunakan single use plastic/plastik sekali pakai. Kita punya keinginan untuk mengurangi sampah plastik, jadi kita coba untuk meminimalisasi penggunaan single use plastic/plastik sekali pakai dan mulai menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan.”

“Saat ini Kota Manado merupakan salah satu entry point Visa on Arrival, korelasi dengan promosi dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulut yaitu untuk memajukan pariwisata di Sulut, dan salah satu cara yang Accor Hotels di Manado lakukan yaitu berpartisipasi membersihkan area-area tertentu yang menjadi ikon dari kota Manado. Hal ini menjadi alasan utama dalam kegiatan hari ini tambahnya.”

Kegiatan tersebut didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, Kelurahan Sario Utara, dari dihadiri oleh Dino Gobel selaku Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Pariwisata.
“Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh pemerintah provinsi Sulawesi Utara dalam kepemimpinan Gubernur Sulut Bapak Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Bapak Steven Kandouw,” katanya.

Menurutnya, karena kegiatan ini berdampak terhadap kebersihan, terutama relevansinya adalah saat ini sudah memasuki era endemi pasca pandemi, dan pariwisata sulut sudah mulai bangkit dan semakin berkembang. “Ketika para wisatawan mancanegara/wisatawan domestik datang ke Manado tentu dengan harapan first impression-nya yakni kebersihan. Dan apa yang dilakukan Accor hotels di Manado saat ini tentu sangat menunjang pariwisata Sulawesi Utara, karena pola pariwisata dalam era endemi ini adalah Wisata sehat, Wisata bersih,” ujar Dino Gobel.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 WITA tersebut menjadi bukti nyata kepedulian Accor hotels di Manado terhadap lingkungan dan pariwisata Sulut. Dan diharapkan dapat menggungah kesadaran masyarakat luas untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *