Barometer.co.id – AmurangĀ 
Bantuan bencana alam di Amurang masih mengalir di hari ke-30 atau tepatnya sebulan berada di posko pengungsian di BPU Kelurahan Lewet dan ex Balai PGA Amurang. Seperti terpantau pada Jumat (15/07).

Kali ini datangnya dari Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Kabupaten Mimika di Timika, Provinsi Papua. Bantuan tersebut diserahkan langsung Ketua Umum (Ketum) Ferra Tengker Kumajas bersama seluruh tim yang datang langsung.

Pernyataan Ketum bantuan ini diberikan sebagai rasa kepedulian juga untuk meringankan korban bencana terlebih rumah mereka yang ditelan dipantai Amurang.

”Sebagaimana rasa persaudaraan dan sepenanggungan kita yang jauh di Papua, kami datang membantu saudara kami yang terdampak bencana. Kamipun turut merasakan sebagaimana yang dirasakan warga disini.  Bantuan yang kami bawa berasal dari stakholder terkait serta bantuan PT Freeport Indonesia, Pemkab Mimika dan para pengusaha Kawanua yang ada di Mimika. Mereka terketuk hati untuk turut membantu dan Tim K3 inilah yang menghentar bantuan bagi saudara-saudara kami yang mengalami musibah nencana,” imbuhnya.

Menurut Sekretaris Umum K3 Kabupaten Mimika Pdt Joice Iskandar Pakade, bantuan seperti ini adalah untuk keempat kalinya setelah KKK MIMIKA terbentuk dan dilantik tahun 2018. ”Pertama, bencana banjir di Sentani, Jayapura. Walau harus menempuh jarak dengan perahu, tetap kami harus membantu korban bencana di Sentani. Kedua, banjir di Waka, Mimika. Ketiga bantuan untuk Covid-19, keempat bantuan kemanusiaan korban bencana alam di Amurang saat ini,” jelas Pdt Joice.

Senada disampaikan Ketua 1 KKK Mimika Frangky Singal, SH pertama kedatangan kami di Amurang untuk membawa bantuan kemanusiaan warga Amurang khususnya berasal dari Kelurahan Uwuran Satu dan Bitung. 

”Kami datang untuk kemanusiaan warga Amurang yang kehilangan tempat tinggal bersama harta bendanya. Perlu diketahui, warga Minsel di Timika pada umumnya banyak. Menurutnya, semua kawanua di Timika ikut peduli dengan bencana Amurang,” sebut Singal yang masih aktif sebagai anggota Polri di Polres Mimika.

Kesempatan ini Singal mengucapkan terima kasih untuk PT Freeport Indonesia, LMI DPD Mimika yang sudah membantu korban bencana alam di Amurang. 

Lain lagi kata Penasehat KKK Mimika Albert Bolang, SH MH bantuan kemanusiaan KKK Mimika sebagai rasa kebersamaan sesama Kawanua Minahasa pada umumnya. ”Lebih khusus, kami yang ada di perantauan, Mimika, Timika, Papua datang membawa bantuan kemanusiaan untuk tou Amurang.

“Kami melihat video bencana pantai Amurang yang viral, dari situ kami tergerak hati langsung kumpul donatur tersebut,” tegas Bolang yang adalah lawyer PT Freeport Indonesia.

Bolang menambahkan, sebelumnya Kamis boleh bertemu Gubernur Sulut Olly Dondokambey sambil minta arahan apa yang terbaik untuk kami bantu para korban bencana Amurang. 

“Beliau (Olly dondokambey-red) menyampaikan hal-hal penting agar semua warga bisa mendapat bantuan, hari itu juga kami menghantar bantuan secara simbolis kepada Pemkab Minsel yang diterima oleh wakil bupati Petra Yani Rembang. Dengan demikian, Jumat hari ini rombongan KKK Kabupaten Mimika di Timika datang membawa bantuan berupa 50 dispencer, 50 magic com, 50 kompor gas. Total bantuan peralatan dapur dan masak 153 buah. Bantuan tersebut diserahkan kepada Kepala Dinas Kominfo Roy Mandey disaksikan Koordinator Posko Bencana Merry Rumerung.(jim)