Barometer.co.id-Manado. Cabang Olahraga Atletik memastikan siap untuk melaksanakan lomba di ajang Pekan Olahraga Kota (Porkot) X Manado di Lintasan Karpet Biru Mapenget Manado. Sebanyak sepuluh nomor siap dilombakan pada iven yang akan menjaring atlet terbaik untuk memperkuat Kota Manado di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Sulawesi Utara

Kepastian tersebut diutarakan Ketua Umum Pengurus Kota (Pengkot) PASI Manado, Drs Hesky Roby Lumi didampingi Ketua Panpel Drs Salmon Rosang MM setelah melakukan pendataan peserta di Sekretariat PASI Manado, Selasa kemarin. “Ada sepuluh nomor yang akan dilombakan pada Porkot X Manado,” jelas Lumi

Menurut Lumi, jumlah nomor yang dilombakan menyesuaikan dengan nomor yang nantinya dilombakan pada Porprov Sulut di Kabupaten Bolaang Mongondow, bulan November mendatang. “Untuk nomor lintasan masing-masing 100, 200, 3000 dan 5000 meter putra dan putri. Kemudian nomor lapangan adalah lompat jauh putra dan putri,” tutur Lumi.

Meski dana sangat terbatas tapi Ketua Panpel Drs Salmon Rosang MM bersama jajaran pengurus PASI Manado tetap konsisten untuk melombakan nomor nomor sesuai dengan yang disiapkan Pengprov PASI Sulut pada pelaksanaan Porprov XI Sulut di Bolmong nanti.

Sebelumnya pada saat rapat koordinasi panitia beberapa waktu lalu, baik Ketua Panpel Salmon Rosang, yang notabene adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Manado bersama jajaran Pengkot PASI Manado, memastikan dana untuk kebutuhan lomba melebihi dari kuota yang disiapkan pihak Panpel Porkot Manado.

Namun karena pelaksanaan Porkot X Manado menjadi bagian dari seleksi atlet Manado menuju Porprov Sulut akhirnya disepakati bahwa nomor lomba tetap disesuaikan dengan yang nantinya dilombakan di Porprov Sulut. Artinya, kekurangan dana akan diupayakan oleh Ketua Panpel bersama pimpinan Pengkot PASI Manado.

Sementara itu, informasi dari Sekretaris Panitia sekaligus Sekretaris Pengkot PASI Manado, Drs Zony Terok, pelaksanaan lomba adalah dua hari yakni Rabu 24 Agustus dan Kamis 25 Agustus 2022. Untuk hari pertama, akan dilombakan nomor 200 Meter putra dan putri mulai babak penyisihan hingga final.

Kemudian nomor 3000 meter putra putri final dan lompat jauh putra putri final. Untuk hari kedua nomor 100 meter putra putri babak penyisihan hingga final kemudian nomor 5000 meter putra putri final. “Lomba dimulai pukul 15.00 WITA,” kata Terok.(hja)