Barometer.co.id-Manado. Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sulawesi Utara memberikan apresiasi sekaligus mensupport Kejuaraan Pencak Silat Terbuka yang digagas Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Keterbakatan Olah Raga (SMANKOR) Sulawesi Utara ibu  Jettie J Sumual M.Pd, pada tanggal 13-16 September 2022 di Wale Ne Tou Tondano Minahasa.

Lewat Sekretaris Umum Pengprov IPSI Sulut, Drs Pontowuisang Kakauhe, apresiasi diberikan kepada SMANKOR karena sekolah tersebut telah memberikan sumbangsih besar bagi perkembangan olahraga Pencak Silat di Bumi Nyiur Melambai. Sebab, sejumlah pelajar binaan SMANKOR Sulut telah sukses memberikan sumbangsih prestasi di level nasional.

Menurut Ponto, kontribusi SMANKOR Sulut sangat nyata ketika cabang olahraga pencak silat Sulut berupa mempertahankan prestasi di level nasional khususnya lewat kelompok pelajar. “Keterlibatan SMANKOR Sulut dalam pembinaan cabor pencak silat di Sulut tentunya patut kita syukuri,” ujar Pontowuisang, yang juga adalah wasit juri berlisensi internasional.

Artinya, lanjut Ponto lewat program pembinaan di tingkat sekolah sudah banyak peran yang diberikan oleh SMANKOR Sulut dalam pembinaan prestasi di Sulut. “Jadi ketika SMANKOR Sulut saat ini ikut berperan dengan menggagas sebuah kejuaraan, tentunya sebagai pembina olahraga pencak silat di Sulut kami sangat berterima kasih,” imbuh Ponto.

Seperti diketahui, SMANKOR Sulut telah menjadwalkan sebuah kejuaraan yang mampu menghadirkan 500-an pesilat pada iven bertajuk SMANKOR Sulut Cup 2022. Kejuaraan ini tentunya mampu memberikan kontribusi besar dalam pembinaan olahraga pencak silat Sulut terutama dalam persiapan menuju Pra Popnas, awal November 2022 di Palu Sulawesi Tengah.(hja)