oleh

Fientje Watak Terpilih Sekjen PP-FPSMI

Barometer.co.id-Manado. Pegiat literasi nasional Fientje Watak SPd MPd BNSP RI yang akrab disapa Stella Watak, terpilih sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Pusat Forum Perpustakaan Sekolah Madrasah Indonesia (PP-FPSMI) periode 2022-2026 dalam Munas VI yang digelar di Jakarta 10-11 November 2022.

Turut hadir pula dalam Munas tersebut sejumlah pengurus pusat dan pengurus daerah seluruh Indonesia secara virtual

Adapun munas kali ini mengusung tema “Revitalisasi Organisasi yang Mampu Melayani dan Tanggap terhadap Perkembangan Dunia Pendidikan serta Berwawasan Global” yang dibuka langsung oleh Plt Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs Deni Kurniadi MHum, yang dihadiri juga dalam pembukaan Munas yakni Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI Drs Nurcahyono SS MSi.

Pada kesempatan itu, Deni Kurniadi dalam sambutannya mengatakan bahwa hasil sensus data perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional RI, tercatat hingga Agustus 2022, jumlah perpustakaan sekolah dan madrasah yang telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sebanyak 10.606.

Hal tersebut senilai dengan 9.34% dari total 113.541 perpustakaan sekolah dan madrasah di Indonesia. Artinya masih terdapat 102.935 atau 90,66% perpustakaan yang belum terakreditasi.

“Harapan saya, dengan dikukuhkannya PP-FPSMI di bawah pembinaan Perpusnas RI, mampu menjadi mitra dan bersinergi dalam menyelenggarakan program-program pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah dan madrasah di Indonesia,”ucap Kurniadi.

Lanjut kata Kurniadi bahwa, pada Musyawarah Nasional VI yang digelar di Jakarta 10-11 November 2022 lalu dalam sidang komisi yang dilanjutkan dengan sidang pleno menghasilkan daftar kepengurusan FPSMI yang baru dengan hasil sidang menetapkan Fientje Watak SPd MPd BNSP RI, terpilih sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Pengurus Pusat FPSMI,” ungkapnya.

Disampaikannya juga, sebelum terpilih sebagai Sekjen Fientje Watak sebelumnya menjabat sebagi Ketua Wilayah pengurus FPSMI Provinsi Sulawesi Utara periode 2021 2025.

“Semoga dengan terpilihnya Fientje Watak sebagai Sekjen mendampinginya ketua Umum terpilih Dr Yuskon dari Jawa Tenga (Jateng) diharapkan mampu membawa nama FPSMI menjadi organisasi yang lebih besar dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi,” tukasnya.

Diketahui, ini menjadi suatu sejarah pertama jika menilik 20 tahun terbentuknya FPSMI, karena dalam kepengurusan pusat, Sekretaris Jendral (Sekjen) terpilih hasil sidang pleno Munas VI 2022 berasal dari daerah kepulauan Sulawesi Utara, yakni Fientje Watak SPd MPd BNSP RI.

Tidak dapat dipungkiri jika terpilih sebagai Sekjen FPSMI, terbukti di bulan Desember 2021, sempat mendapat penghargaan Pegiat Literasi Mapalus Pendidikan dari Kemendikbudristek melalui LPMP/BPMP Sulawesi Utara. Diperkuat juga dengan komitmen, vision, dan kiprahnya di bidang literasi, keperpustakaan, pendidikan, brand virtual, pemerhati perpustakaan, merintis berbagai komunitas literasi, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), pendampingan literasi, persiapan kampung literasi, gerakan memasyarakatkan minat baca, bahkan sempat mengajar di Prodi Perpustakaan Unsrat Manado.

Sementara itu,  Fientje Watak SPd MSi menegaskan bahwa usai konsolidasi internal PP-FPSMI saya bersama Ketum terpilih dan pengurus pusat lainnya akan audiensi dengan Komisi 9 DPR-RI dan pemangku kepentingan terkait lainnya. (eau)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *