Barometer.co.id-Manado. Penerbangan dari Manado ke Tokyo, Jepang rencananya akan dibuka tahun 2023 mendatang. Rute ini merupakan peningkatan dari penerbangan langsung ekspor Manado-Tokyo yang selama ini berjalan.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Darwin Muksin, mengatakan rute yang akan dibuka adalah Denpasar-Manado-Tokyo.

“Jadi nantinya pesawat Garuda Indonesia dari Denpasar sudah mengangkut penumpang dengan tujuan Tokyo, akan transit di bandara Sam Ratulangi untuk mengangkut kargo dan penumpang. Setelah itu pesawat melanjutkan penerbangan ke bandara Narita, Tokyo, Jepang,” katanya.

Ia mengatakan, rencana pembukaan penerbangan ini telah dibicarakan antara Gubernur Sulut dan Dirut Garuda Indonesia. “Rencananya penerbangan langsung ke bandara Narita, Tokyo yang selama ini mengakut produk ekspor akan ditingkatkan dengan mengangkut penumpang. Hal ini dilakukan untuk menunjang penerbangan langsung ekspor yang selama ini telah berlansung,” kata Darwin, Rabu (21/12).

Ia mengatakan, untuk bisa melayani penumpang, ada beberapa perizinan yang harus dipenuhi. Dan diharapkan pada awal 2023 perizinan tersebut sudah ada sehingga penerbangan ini dapat segera dibuka.(jm)