Barometer.co.id-Manado. Maskapai Super Air Jet secara resmi membuka rute Manado-Balikpapan-Bandung, mulai Rabu (05/04/23). Kedatangan perdana pesawat Super Air Jet Aribus A320 dari Balikpapan di Manado disambut dengan water salute.

Peresmian rute ini dilakukukan oleh oleh Sekprov Steve Kapel, Walikota Manado Andrei Angouw, Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari, GM PT.Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai, Forkopimda serta stakeholder lainnya.

Pada penerbangan perdana dari Balikpapan pesawat Super Air Jet mengangkut 167 penumpang atau mencapai 93 persen dari kapasitas. Sedangkan penumpang dari Manado yang berangkat 108 orang.

Minggus Gandeguai, Steve Kepel, Ari Azhari, Andrei Angouw meresmikan penerbangan Super Air Jet, Manado-Balikpapan-Bandung.

Direktur Utama Super Air Jet, Ari Azhari mengatakan, rute ini dibuka karena potensinya cukup besar. Masyarakat Manado yang ingin ke Balikpapan tidak perlu lagi ke Makassar dulu. Begitu juga yang ingin ke Bandung tidak perlu transit di Cengkareng, dari Manado bisa langsung.

Besarnya potensi rute ini pun terlihat dari jumlah penumpang pada penerangan perdana dari Balikpapan yang mengangkut 167 penumpang. Sementara yang berangkat dari Manado 108 orang.

“Kami juga berharap dibukanya rute ini dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian maupun pariwisata,” ujar Azhari yang juga berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut serta AP I Bandara Sam Ratulangi yang telah membantu sehingga rute ini dapat terealisasi.

GM PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Minggus E.T. Gandeguai pun menyambut positif dibukanya rute ini. “Rute ini sangat strategis karena menghubungkan Manado dengan Ibu Kota Negara,” ujarnya.

Setelah dibukanya rute ini, Minggus berharap Lion Group dapat membuka rute lainnya dari Manado, khususnya ke Bali, Surabaya dan Timika. “Bandara Sam Ratulangi memiliki 16 parking stand, dan saat ini baru terpakai tiga sampai lima pesawat dalam satu jam. Selain itu, bandara ini juga sudah dibuka 24 jam, sehingga maskapai lebih fleksibel dalam memilih jam penerbangan,” ujarnya.

Minggus pun berharap Super Air Jet ataupun Lion Group dapat membuka penerbangan ke beberapa kota lainnya. “Saya berharap Super Air Jet dapat membuka penerbangan ke Bali. Kemudian Batik ke Surabaya. Selain itu, saya juga berharap rute ke Papua Selatan juga dibuka, yakni ke Timika,” kata Minggus.

Pemerintah Provinsi yang diwakili Sekdaprov, Steve Kepel menyampaikan apresiasi atas dibukanya rute Manado-Balikpapan-Bandung. “Kami memberi apresiasi atas pembukaan rute ini, karena akan meningkatkan perekonomian daerah,” ujarnya.

Rute Bandung-Balikpapan-Manado pp ini akan dilayani setiap hari dengan nomor penerbangan IU528. Sedangkan rute Manado-Balikpapan-Bandung dengan nomor penerbangan IU529.

Manado menjadi kota ke 26 yang dilayani oleh Super Air Jet sejak beroperasi pertama kali pada 6 Agustus 2021. Saat ini, Super Air Jet telah memiliki 50 pesawat Airbus A320 dan melayani rata-rata 190 fligt per hari.(jm)