Barometer.co.id-Manado. Calon Jamaah Haji  asal Sulawesi Utara, Kamis (15/06) malam berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulani Manado menuju embarkasi Balikpapan. Calon jemaah haji dari Sulawesi Utara terdiri dari tiga kloter, yaitu kloter 16 sebanyak 299 jamaah calon haji, kloter 17 sebanyak 299 jamaah calon haji dan Kloter 18 sebanyak 156 Jamaah calon Haji.

Ketiga kloter tersebut diberangkatkan Kamis pukul 08.00 WITA dan sebagian lagi diberangkatkan di tanggal 17 Juni 2023 dengan  menggunakan pesawat Charter Lio Air JT 980  (B738) menuju Balikpapan.

Pada Kamis, sebanyak 368 calon Jemaah haji diberangkatkan dan sisanya 386 calon jamaah haji diberangkatkan pada tanggal 17 Juni 2023. Dalam rombongan terdapat calon jemaah haji asal Manado yang berusia 100 tahun.

“Tahun 2023 ini, terdapat 754 calon jamaah yang berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado menuju embarkasi Balikpapan. Jumlah jamaah haji ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado.

Minggus mengatakan, PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado sudah melakukan berbagai persiapan keberangkatan para jamaah calon haji, utamanya kesiapan personel dalam melayani para jamaah, sehingga diharapkan keberangkatan para calon jamaah dapat berjalan aman dan lancar.

“Semoga ibadah haji para jamaah dapat berjalan dengan lancar, para jamaah diberi kesehatan dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi Haji yang mabrur yang dapat memberikan efek-efek yang positif bagi sekitar,” ujar Minggus.

Calaon jemaah haji yang diberangkat Kamis berasal dari Kotamobagu, Bolaang Mongondow, Bolmong Selatan,Bolmong Timur, Bolmong Utara, Minahasa Tenggara, Tomohon dan sekitarnya. Sedangkan pada kloter 17 yang diberangkatkan Jumat (16/06), berasal dari Minahasa, kotamobagu, Sangihe dan Talaud.

Dan Kloter 18 berasal dari Minahasa, Sangihe, Bolmong utara, Kotamobagu, Bolmong timur,Bitung, Minahasa Selatan, bolmong, Minahasa utara, Minahasa Tenggara dan Manado.(jm)