Paling Banyak di Sulut, PPDB Online di SMAN 9 Manado Buka 14 Rombel

Barometer.co.id – Manado,

SMAN 9 Manado merupakan SMA paling banyak menerima siswa baru melalui PPDB online tahun 2023.
Menurut Kepala SMAN 9 Manado Drs Meidy Tungkagi MPd, untuk tahun ajaran 2023-2024 pihak sekolah menerima siswa baru untuk 14 rombel.

Di mana, jika satu rombel ditempati 32 siswa maka pihak sekolah tahun ini akan menerima 448 siswa baru.

“Kami terima siswa baru sesuai jumlah rombel yakni 14 rombel,” ungkap kepsek, pekan lalu.

Seperti diketahui, dalam PPDB online 2023 untuk SMA sudah dibagi atas empat jalur yakni jalur zonasi 50 persen, prestasi 30 persen, afirmasi 15 persen dan jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Dalam kesempatan terpisah terkait PPDB online tahun 2023 sejumlah orangtua meminta pihak Dinas Dikda Sulut agar memperketat pelaksanaan PPDB online pada jenjang SMA.

“Harus dibatasi, kalau tidak SMA-SMA negeri lain di Kota Manado bakal kekurangan siswa. Dan itu sudah terjadi saat ini. Lihat saja SMAN 6 Manado, siswa yang masuk tinggal hitungan jari,” imbau para orangtua.

Dikesempatan terpisah, sejumlah orangtua siswa meminta pemprov menyiapkan SMA negeri yang baru untuk wilayah Malalayang yang berbatasan dengan Kalasey. Pasalnya masih kurang SMA negeri di sana.

“Memang untuk SMA negeri di Kecamatan Malalayang sudah ada yakni SMAN 9 Manado. Tapi lokasinya tidak strategis, jadi saat PPDB online lewat jalur zonasi, kami yang tinggal di Kecamatan Malalayang berbatasan dengan Kabupaten Minahasa dan sekitar Kalasey sulit masuk SMAN 9 Manado lantaran terlalu jauh dari sekolah dan tidak masuk dalam jangkauan zonasi sekolah,” imbau para orangtua.

Seperti diketahui, penerimaan siswa baru di SMAN 9 Manado juga menuai banyak sorotan. Diduga banyak siswa baru yang masuk tanpa melalui jalur PPDB online. Tak heran, saat masuk dalam kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru, jumlah siswa masih terus bertambah.(eau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *