Barometer.co.id – Manado
Meski sudah ada tambahan waktu dua hari, hingga penutupan PPDB online 2023, Kamis (22/06), beberapa SMA negeri di Kota Manado ternyata belum memenuhi kuota.

Beberapa sekolah negeri tersebut diantaranya SMAN 2 Manado, SMAN 4 Manado, SMAN 6 Manado dan SMAN 10 Manado.

Adapun dari pantauan di salah satu SMA favorit di Kota Manado yakni SMAN 7 Manado ternyata sudah tidak ada pelayanan lagi, pihak panitia tak bisa ditemui lagi padahal masih banyak orangtua yang butuh pelayanan PPDB Online.

Selanjutnya, dari pantauan di SMAN 2 Manado pihak panitia masih terus dan siap membantu apabila ada siswa-siswi yang ingin mendaftar secara online. Kendati demikian, sejauh ini jumlah siswa yang mendaftar memang minim.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala SMAN 2 Manado Berty Dondokambey SPd mengatakan bahwa berdasarkan usulan yang disampaikan ke pihak Dinas Dikda Sulut, jumlah kuota tahun ini sebanyak 10 rombel atau sekitar 320 siswa.

“Sampai saat ini kuota masih belum terpenuhi,” ungkap kepsek Dondokambey, Jumat (23/06)

Sementara itu, saat pemantauan di SMAN 6 Manado, pelaksanaan PPDB online berlangsung biasa-biasa saja. Pihak sekolah tak bisa berbuat banyak lantaran peminat kurang.

“Masih sepi,” beber sejumlah guru sembari meminta namanya tak dikorankan.

Terkait beberapa SMA di Manado yang belum mampu penuhi kuota, berhembus kabar hal ini terjadi lantaran pihak orangtua siswa masih berharap anaknya masuk ke sekolah-sekolah favorit di Kota Manado yakni SMAN 1 Manado, SMAN 9 Manado dan SMAN 7 Manado.

Padahal, masih banyak SMA negeri lain yang belum penuhi kuota di Kota Manado. Para orangtua, meski anaknya sudah tak masuk kuota di sekolah-sekolah favorit masih ngotot dan berharap masuk lewat jalur titipan ke sekolah-sekolah tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Pembinaan SMA Dinas Dikda Sulut Dr Sri Ratna Pasiak memastikan tak ada titipan-titipan siswa-siswi untuk masuk ke SMA-SMA favorit di Manado.

“Saya akan lihat lagi kondisi sekolah, soalnya saya masih tugas luar daerah,” beber kabid saat dikonfirmasi.(eau)